Integrasi Pengukuran Kuantitatif dan Penilaian Kualitatif dalam Evaluasi Pendidikan

Authors

  • Ulil Albab Al Jawad Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Sorong
  • Fardan Abdillah M Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Sorong
  • Sukman S Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Sorong
  • Rakiba Heremba Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Sorong
  • Abdul Rakhman Alhamid Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Sorong
  • M Fuad Hasyim Ilmu Filsafat, Departemen Ilmu Filsafat, Universitas Indonesia

Keywords:

Integrasi, Pengukuran Kuantitatif, Penilaian Kualitatif

Abstract

Evaluasi pendidikan memegang peran penting dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam mengukur hasil belajar siswa secara kuantitatif tetapi juga menilai perkembangan mereka secara holistik. Namun, fokus yang berlebihan pada pengukuran kuantitatif, seperti nilai ujian, sering kali mengabaikan penilaian kualitatif yang lebih komprehensif. Pendekatan holistik dalam evaluasi memberikan gambaran yang lebih menyeluruh mengenai kemampuan siswa, mencakup aspek kognitif, sosial, dan emosional. Evaluasi ini memanfaatkan berbagai instrumen, seperti observasi, wawancara, dan portofolio, untuk menilai kemajuan siswa secara lebih mendalam. Melalui integrasi antara pengukuran kuantitatif dan penilaian kualitatif, sistem evaluasi pendidikan dapat menjadi lebih inklusif dan adil, menghargai berbagai potensi siswa. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dinilai dengan pendekatan holistik lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata, karena penilaian ini mencakup keterampilan kritis yang penting, seperti kolaborasi, kreativitas, dan empati. Oleh karena itu, penting bagi pendidikan di Indonesia untuk menerapkan evaluasi berbasis pendekatan holistik guna mencapai hasil pendidikan yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R. (2022). Evaluasi Pembelajaran Sd / Mi. Universitas Djuanda Bogor, July, 27. Http://Repository.Iainmadura.Ac.Id/739/1/Evaluasi Pembelajaran Fatimatus Zahrah_New 2_Watermark %281%29.Pdf

Andrade, H. L., Brookhart, S. M., & Yu, E. C. Y. (2021). Classroom Assessment As Co-Regulated Learning: A Systematic Review. Frontiers In Education, 6(December), 1–18.

Atikah, & Amelia. (2024). Strategi Penilaian Dan Evaluasi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Serta Umpan Balik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(3), 77.

Azmiy, M. U., Saihan, & Muhith, A. (2024). Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam: Pendekatan Holistik Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 53–66.

Bhakti, Y. B. (2022). Evaluasi Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan (R. Ardyanto (Ed.); I). Cv. Bintang Semesta Media.

Bui, H. P. (2023). Vietnamese University Efl Teachers’ And Students’ Beliefs And Teachers’ Practices Regarding Classroom Assessment. Language Testing In Asia, 13(1), 3.

Chasanah, M. (2023). Strategi Dan Tantangan Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Min 1 Banyumas. Jurnal Pendidikan Guru Mi, 6(1), 65.

Fatmawati, S. (2019). Perumusan Tujuan Pembelajaran Dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Fikri, H. (2020). Penilaian Keterampilan Proyek. Journal Of Islamic Studies, 3(2), 156–166.

Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menegah Pertama. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menegah Pertma, 3–10.

Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Berorientasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019, 2013, 312.

M. Riyan, A., Ramdhani, M. A., Rizky, M., Setiawan, E., Majid, A., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2022). Tantangan Dan Strategi Dalam Menggunakan Assessment Untuk Meningkatkan Pembelajaran Di Era Digital. Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 553.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mutiara Mutiara. (2024). Instrumen Inovatif Untuk Mengembangkan Asesmen Praktik Dan Produk Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Digital. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 49–56.

Naidu, S. N. M. N., & Rajanthiran, S. (2021). Education In Malaysia: Educating For Inclusive-Holistic Growth, Political Needs…?—The Transformation Of Vernacular And Particularised Education Towards Integration Into “Malaysian Education.” Open Journal Of Social Sciences, 09(03), 473.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, 19(2), 121–138.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Ulil Albab Al Jawad, Fardan Abdillah M, Sukman S, Rakiba Heremba, Abdul Rakhman Alhamid, & M Fuad Hasyim. (2024). Integrasi Pengukuran Kuantitatif dan Penilaian Kualitatif dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6435–6443. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1071

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.