Pengaruh game online dan tinjauannya terhadap nilai-nilai Pancasila: Studi kasus SMA Negeri 1 kabanjahe
Keywords:
Game online, Nilai-nilai Pancasila, Pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh game online terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe. Survei terhadap 96 siswa kelas XI dan XII mengungkapkan dampak kompleks game online. Hasil menunjukkan potensi positif dalam meningkatkan kerja sama (66,1%), hubungan sosial (70%), dan pemahaman keberagaman (41,5%). Namun, terdapat tantangan signifikan, terutama pada aspek religiusitas dengan 60,4% responden merasa hubungan dengan Tuhan terganggu, serta dalam hal nasionalisme dan keadilan. Pengaruh game online terhadap nilai-nilai Pancasila bergantung pada jenis game, intensitas bermain, dan kesadaran individu. Penelitian merekomendasikan pendekatan komprehensif meliputi edukasi, integrasi nilai Pancasila dalam pembelajaran, pembatasan waktu bermain, promosi game edukasi, serta monitoring berkelanjutan untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif terhadap internalisasi nilai-nilai Pancasila.
Downloads
References
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2007). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rineka Cipta.
Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al Bidayah, 8(1), 39-50.
Putri, E. M. R., Lestari, E. M., Prasetya, M. R. M. P., Syafa, M. P., & Zuhri, S. (2024). PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS PADA KALANGAN REMAJA TERHADAP NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 2(2), 141-152.
Akbarudina, A. S., Fitara, H. D., Diana, L., Farikhah, N. A. N., Novitasari, P. F., & Ratnawati,
V. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Siswa SDN Mojoroto 2 Kediri. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN) , 3, 138-153
Aulia, R. (2020). Dampak Game Online Terhadap Kinerja Akademis Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(2), 101-112.
Notonegoro, P. (2021). Filsafat Pancasila: Kajian Nilai-nilai Dasar Bangsa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Riyadi, B. (2022). Generasi Milenial dan Tantangan Pancasila di Era Digital. Surabaya: Airlangga University Press.
Sasmita, I. (2020). Game Edukatif sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 210-223.
Setiawan, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Nilai Religiusitas Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Agama, 7(1), 45-53.
Suryani, N. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yuliana, E. (2019). Peran Game Online dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(2), 67-78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syuratty Astuti Rahayu Manalu, Febri Br Hutabarat, Fidia Wati, Mery Kristiani, Rina Rina, Salma Diani, Uswatul Akmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.