Pengaruh Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru di SD Negeri 6 Selatpanjang

Authors

  • Syaripudin Syaripudin Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Kasman Ediputra Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 20 guru yang mengajar di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan kinerja guru. Guru yang dipimpin dengan strategi kepemimpinan yang efektif menunjukkan motivasi yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik. Selain itu, lingkungan belajar yang diciptakan oleh kepala sekolah juga berperan dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan strategi kepemimpinan yang efektif bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan tentang pentingnya strategi kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh kepemimpinan dalam konteks pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & Djailani, A. R. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2).

Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5 (1), Article 1.

Azizah, S. M. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 1(2), 68–77.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(01), 31–42.

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.

Juwanto, J., & Sutama, M. P. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Profesionalitas Guru. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kulsum, U., & Adha, S. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai Di Smkn 1 Rancaekek. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 11–24.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Oktavani, M., & Patimah, S. (2023). Analisis Proses Pengembangan Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sma Negeri 2 Bandar Lampung. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 206–217.

Siregar, E. S., & Tarigan, F. N. (2023). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Education And Development, 11(2), 305–309.

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58.

Tute, K. J., Suryani, L., & Aje, A. U. (2020). Pengaruh Iklim Kerja Dan Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1326–1335.

Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123–130.

Published

2024-10-18

How to Cite

Syaripudin Syaripudin, Musnar Indra Daulay, & Kasman Ediputra. (2024). Pengaruh Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru di SD Negeri 6 Selatpanjang . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6890–6896. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1167

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.