PELATIHAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU SMK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 1 GORONTALO

Authors

  • Tri Pratiwi Handayani Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Alimuddin Yasin Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Moh. Nasrul Arief Setiawan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Keywords:

Kecerdasan buatan, Peningkatan produktivitas, Desain komunikasi

Abstract

Dalam era digital saat ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menunjukkan pertumbuhannya yang pesat dan aplikasinya yang luas dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan bagi guru SMK dalam bidang Desain dan Komunikasi Visual mengenai pemanfaatan dua teknologi AI, yaitu ChatGPT dan DALL·E. Menggunakan metode pelatihan berbasis diskusi, simulasi, dan praktek langsung, tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memperkaya metode pembelajaran guru dengan integrasi teknologi mutakhir, serta meningkatkan kualitas pendidikan SMK dalam mempersiapkan siswa untuk Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa guru SMK merasa lebih percaya diri dalam mengintegrasikan AI ke dalam kurikulum mereka. Namun, ditekankan juga pentingnya pendekatan yang hati-hati dalam penerapannya untuk meminimalisir bias dan kesalahan interpretasi. Kesimpulannya, pelatihan teknologi AI bagi guru SMK memiliki potensi besar untuk memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi era industri 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Russell, S. J., & Norvig, P. (2010). Artificial intelligence a modern approach. London.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456-463.: 456-463.

Pontjowulan, P. (2023). Implementasi penggunaan media ChatGPT dalam pembelajaran era digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1-8.

Göring, S., Rao, R. R. R., Merten, R., & Raake, A. (2023). Analysis of Appeal for realistic AI-generated Photos. IEEE Access.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Tri Pratiwi Handayani, Alimuddin Yasin, & Moh. Nasrul Arief Setiawan. (2024). PELATIHAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU SMK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 1 GORONTALO. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 86–93. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/13

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.