Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • Ane Haerani PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Asep Tutun Usman PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Anton PAI, FPIK, Universitas Garut

Keywords:

Media Pembelajaran, quizizz, Hasil belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengacu kepada perolehan hasil belajar peserta didik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kurangnya minat belajar peserta didik dan tingkat pemahaman peserta didik masih rendah terhadap materi yang disampaikan sehingga rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini salah satunya adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah mengimplementasikan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk mengambil data berupa lembar observasi, angket, tes kognitif yang mana tes ini untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa dengan menggunakan media pembelajaran quizizz serta melihat peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI B dan kelas XI F yang berjumlah 71 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada penelitian ini berupa pretest dan posttest. Penerapan media ini memberikan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol, dapat dilihat dari data hasil pretest dan posttest kelas ekperimen meningkat. Nilai rata rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 57 dan nilai rata rata kelas kontrol yaitu 59 .Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan media pembelajaran quizizz yaitu 83 dan nilai rata rata kelas kontrol yang menggunakan media konvensional yaitu  69.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. H. Abdul Kodir, M. A. (2019). Sejarah Pendidikan Islam (M. S. Dr. Beni Ahmad Sabaeni (ed.); 2nd ed.). CV. PUSTAKA SETIA.

Fadjarajani. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. In Media pembelajaran.

Lailatul Mufidah, K. T. (2021).

Masripah. (2023). Jurnal PendidikanAgama Islam. 96–103.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi dan disiplin peserta didik (M. E. T. Rahmat putra yudha (ed.); 1st ed.). Yudha English Gallery.

Nurpadillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.); pertama). CV jejak, Anggota IKAPI.

Prof. Dr. H. Sunhaji, M. A. (2022). Pengembangan strategi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah (Indika (ed.); 1st ed.). Zahira Media Publisher.

Rahmawati, T. fatma. (2021). Pembelajaran untuk menjaga ketertarikan siswa dimasa pandemi (Etika dyah pusputasari (ed.); 1st ed.). UAD press.

Santi, K. A. (2020). Konsep Pemikiran Ahmad Tafsir Dalam Ilmu Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.65

Sugiono. (2022). Metode penelitian (2nd ed.). Alfabeta.

Suwardika, K. wahyudi. (2023). Panduan pembelajaran Matematika dengan pendekatan understanding (M. Suhardi (ed.); pertama). pusat pengembangan pendidikan dan penelitian.

Syukur, T. A. (2020). Pembelajaran fiqih (Hanifi (ed.)). Patju Kreasi.

Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6

Yunita, N. P. (2022). Gamification ,membuat belajar seasik bermain game (M. Kika (ed.)). CV Andi Offset.

Yusrini, H. (2023). Media digital untuk pembelajaran (B. Wijayama (ed.); Pertama). 2023.

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Ane Haerani, Asep Tutun Usman, & Anton. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1036–1046. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/131

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.