PENGARUH MANAJEMEN PERKANTORAN DAN KEARSIPAN TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMPN 2 LATAMBAGA

Authors

  • Aulia Lukman Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka ,Indonesia

Keywords:

Manajemen perkantoran dan kearsipan, administrasi, efisiensi

Abstract

Manajemen perkantoran dan kearsipan merupakan elemen krusial yang saling terkait dalam efisiensi administrasi di lingkungan sekolah. Manajemen perkantoran melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan perkantoran, sedangkan kearsipan berkaitan dengan pengelolaan arsip aktif, inaktif, dan statis. Efisiensi administrasi di sekolah mencakup pelaksanaan kegiatan tepat waktu, tepat sasaran, dan dengan biaya negligible, yang dapat dicapai melalui penerapan manajemen perkantoran dan kearsipan yang baik.Pemerintah daerah di Indonesia berupaya meningkatkan administrasi sekolah untuk optimalisasi pembelajaran. Beberapa masalah administratif di sekolah melibatkan ketidakorganisasian kegiatan administrasi, kurangnya tenaga administrasi kompeten, fasilitas administrasi yang tidak memadai, kurangnya dukungan pimpinan sekolah, dan kurangnya koordinasi antar unit kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di SMPN 2 Latambaga, Kabupaten Kolaka. Manajemen perkantoran dan kearsipan diinvestigasi dalam konteks efisiensi administrasi. Teknik pengumpulan information melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis information dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi information. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perkantoran dan kearsipan yang efektif menciptakan lingkungan administratif sekolah yang efisien. Master di SMPN 2 Latambaga menekankan pengorganisasian dokumen berdasarkan tingkat kepentingan, tempat penyimpanan khusus, pemanfaatan teknologi, keamanan dan kerahasiaan dokumen, pemeliharaan dan pembaruan berkala, ketersediaan informasi cepat, dan kesadaran kolektif sebagai faktor kunci dalam mencapai efisiensi administrasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen perkantoran dan kearsipan di SMPN 2 Latambaga memberikan kontribusi signifikan terhadap efisiensi administrasi sekolah. Kesadaran kolektif dan kolaborasi dalam pengelolaan kearsipan menjadi landasan kuat untuk efisiensi administrasi jangka panjang. Dengan demikian, investasi dalam pengembangan manajemen perkantoran dan kearsipan di sekolah dapat dianggap sebagai langkah strategis menuju keunggulan administratif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyanto A, Dewi AOP. (2017) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Sistem Pengelolaan Arsip Dan Dokumentasi (Spad) Terhadap Temu Kembali Arsip Aktif Di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. J Ilmu Perpust. 6(2):91–100.

Herlianto JI, Suwatno S, Herlina H. (2018) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. J MANAJERIAL.17(1):70.

Muslimah J, Rahmaningtyas W. (2019) Pengaruh Tata Ruang Kantor, Penataan Arsip, Fasilitas Kantor, dan Kompetensi Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Ketatausahaan. Econ Educ Anal J . 8(3):1–14.

Nugroho IF, Sidik L, Khasanah U. (2021) Pengaruh efektivitas tata kelola kearsipan terhadap peningkatan mutu pelayanan administrasi di Balai Desa Krandegan. J Pendidik Tambusan.Volume 5(3):7511–21.

Pertiwi AG, Ismiyati I. (2021) Peran Pengelolaan Kearsipan dalam Memediasi Pengaruh Pelatihan Arsip, Kompetensi Arsip, dan Sarana Prasarana Arsip, terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Tata Usaha. Bus Account Educ J. 2(1):101–14.

Sholikah M, Oktarina N. (2019) Pelaksanaan Pengelolaan Kearsipan Untuk Menunjang Akuntabilitas Sekolah. Econ Educ Anal J. 7(3):1178–92.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Surakhmad, (1994) Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Yusuf, Muri, A. (2014) Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta, Prenadamedia.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Aulia Lukman. (2024). PENGARUH MANAJEMEN PERKANTORAN DAN KEARSIPAN TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMPN 2 LATAMBAGA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1144–1150. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/140

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.