Intisari Al-Qur’an dalam Penerapan Asesmen Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ahmad Muktamar Pascasarjana, Institut Agama Islam As’adiyah Sengkang
  • Irma Suryani Pascasarjana, Institut Agama Islam As’adiyah Sengkang
  • Ismayasari Darwis Pascasarjana, Institut Agama Islam As’adiyah Sengkang

Keywords:

Intisari Al-Qur’an, Asesmen, Kurikulum Merdeka

Abstract

Asesmen adalah pemahaman terhadap bukti, yang mengacu pada penggunaan informasi untuk memahami bahwa asesmen adalah bagian dari aliran pembelajaran yang telah, sedang, dan akan dilakukan. Dalam tulisan ini, kita akan bersama-sama mengeksplorasi esensi Al-Quran dalam penerapan asesmen, yang berfungsi untuk memberikan manfaat yang besar bagi peserta didik dan membantu mereka mendapatkan pembelajaran yang substansial, tidak sekadar laporan nilai atau hasil belajar semata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali esensi Al-Qur'an dalam konteks penyelenggaraan asesmen dalam kurikulum merdeka, khususnya dari perspektif Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, yang melibatkan pembacaan, pencatatan, pengumpulan data dari literatur, dan analisis terhadap laporan penelitian sebelumnya yang membahas keterlibatan kebijakan merdeka belajar dalam pengembangan asesmen kurikulum merdeka dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan baru dalam pembelajaran, dengan paradigma yang diterapkan, melihat asesmen tidak lagi hanya sebagai evaluasi atau pelaporan kompetensi peserta didik, tetapi juga sebagai proses integrasi dan analisis data untuk memahami kebutuhan belajar, meningkatkan hasil belajar, dan mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar juga mengutamakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan tujuan memberikan kebahagiaan kepada semua stakeholders, yaitu pendidik, murid, dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20-29.

Dheafriska, D.A. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Rumpun IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. (Skripsi, Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197-211.

Iryanti, P. (2004). Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Direktorat Pusat Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Ismail, M. Ilyas. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Mardapi, D. (1999). Pengukuran, penilaian dan evaluasi. In Kumpulan makalah seminar dan lokakarya.

Marhaeni, A.A.I.N, Lulup Endah Tripalupi, A.A.I A R Sudiatmika, Ni Ketut Widiartini, Luh Putu Eka Sulistia Dewi, A.A Gede Yuda P. (2020). Buku Ajar Asesmen Pendidikan.Depok: Rajawali Press.

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.

Muktamar, A., Yani, M., Lipu, A., & Syawal, A. M. (2023). Tantangan Implementasi Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Cigarskruie: Journal of Educational and Islamic Research, 1(1), 55-65.

Muktamar, A., Windari, H., Hasnia, H., Mufliha, M., & Nurhalida, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Islam. At-Ta'lim, 2(2), 127-136.

Slavin, R.E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice, 9th ed. (Psikologi Pendidikan: Teori dan Taktik Edisi Kesembian Jilid 2). Penerjemah: Marianto Samosir, Jakarta: PT Indeks.

Sinaga, B. (2008). Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru Pembelajaran Di Sekolah. Generasi Kampus, 1(2), 1–13.

Sudirtha, I.G. (2023). Asesmen Pembelajaran Pararadigma Baru di Era Merdeka Belajar. Naskah Orasi Pengenalan Guru Besar. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Ahmad Muktamar, Irma Suryani, & Ismayasari Darwis. (2024). Intisari Al-Qur’an dalam Penerapan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1160–1164. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/143

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.