Strategi Komunikasi Petugas Pemasyarakatan Dalam Proses Pembinaan Narapidana Yang Menjalani Asimilasi di Lapas Terbuka Lombok Tengah

Authors

  • Made Adi Darmayatra Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pembinaan Narapidana, Asimilasi

Abstract

Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan planning dan manajemen magement untuk mencapai satu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah, tetapi juga harus menunjukkan taktik oprasionalnya. Lembaga Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut LAPAS adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. pemasyarakatan adalah kegiatan untuk melakukan pembinaan warga binaan pemasyarakatan berdasarkan sistem, kelembagaan dan cara pembinaan yang merupakan bagian akhir dari sistem pemidanaan dalam tata peradilan pidana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan hasil penelitian yaitu 1) Apa saja program petugas pemasyarakatan dalam proses pembinaan narapidana yang menjalani asimilasi di lapas terbuka Lombok Tengah yaitu berupa latihan keterampilan yang mencakup a. Keterampilan Teknis: Keterampilan teknik mesin, las, listrik, bangunan, otomotif, elektronika, dan lain sebagainya b. Keterampilan Vokasional: Keterampilan menjahit, membatik, tata rias, kuliner, perhotelan, tata boga, dan lain sebagainya. c. Keterampilan Kewirausahaan: Keterampilan berdagang, manajemen usaha, pemasaran, digital marketing, dan lain sebagainya. d. Keterampilan Komputer: Keterampilan dasar komputer, desain grafis, pemrograman, web development, dan lain sebagainya e. Keterampilan Seni dan Budaya: Keterampilan menari, musik, teater, seni lukis, kriya seni, dan lain sebagainya f. Keterampilan Bahasa: Keterampilan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan lain sebagainya g. Keterampilan Life Skills: Keterampilan komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, kerja sama tim, dan lain sebagainya, Kegiatan Pendidikan yang meliputi Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Akademik, Memperkuat Nilai-nilai Moral dan Karakter, Mempersiapkan Narapidana untuk Reintegrasi dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Program pertanian narapidana Lapas Terbuka Lombok Tengah dengan tekun mencangkul tanah, menanam bibit, dan merawat tanaman di lahan pertanian seluas 2 hektar, Keterampilan di bidang pengelasan dan Budidaya Ikan narapidana 2) Apa saja kendala yang dihadapi petugas pemasyarakatan dalam proses pembinaan narapidana yang menjalani asimilasi di Lapas Terbuka Lombok Tengah yaitu Kurangnya Sarana dan Prasarana, Kekurangan Tenaga Kerja Kekurangan tenaga kerja, Kurangnya Koordinasi dengan Instansi Lain, Kurangnya Kesadaran Narapidana, Ancaman Keamanan dan Keterbatasan Sumber Daya Keterbatasan sumber daya manusia 3) Bagaimana strategi komunikasi petugas pemasyarakatan dalam proses pembinaan narapidana yang menjalani asimilasi di Lapas Terbuka Lombok Tengah yaitu Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Massa, Komunikasi Nonverbal dan Komunikasi Media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum .

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.

Muhadjir, N. (2006). Metode Penelitian. Cetakan kedua, Alfabeta, Bandung.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Rahardjo, M. (2011, Juni 10). Materi Kuliah Metodologi Penelitian PPs. UIN Maliki Malang.

Haq, Ilham Wahidul. "Peranan Komunikasi Pemimpin Dalam Merangsang Semangat Kerja Anggota Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Sragen." Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.7 (2022): 2639-2644.

Semiawan, C. R. (2010). Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Situmorang, S. H. (2010). Analisis Data untuk Riset Menejemen dan Bisnis. Medan: USU Press.

Subadi, T. (2006). Penelitian Kualitatif. Surakarta: University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bandung: NilaCakra.

Maharani, Graciella Devi. "Strategi Komunikasi Dalam Mencegah Kerusuhan Di Lembaga Pemasyarakatan." Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora 7.4 (2023): 682-692.

Nakka, R. P. P. (2023). Strategi Komunikasi Petugasterhadap Warga Binaan Pemasyarakatan Dalam Pembinaan Kepribadian Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Iia Banjarmasin (Doctoral dissertation, Univesitas Islam Kalimantan MAB).Patriana, Eva, ‘Komunikasi Interpersonal Yang Berlangsung Antara Pembimbing

Kemasyarakatan Dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta’ (2014) 5 Journalof Rural and Development 203

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Made Adi Darmayatra. (2024). Strategi Komunikasi Petugas Pemasyarakatan Dalam Proses Pembinaan Narapidana Yang Menjalani Asimilasi di Lapas Terbuka Lombok Tengah. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1367–1389. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/167

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.