PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 PALU

Authors

  • Rifaldi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
  • Erniati Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
  • Arifudin M. Arif Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Keywords:

Pembelajaran Make a Match, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Permasalahan penelitian adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Dan bagaimana dampak dari penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu efektif dan telah diterapkan. model pembelajaran Make a Match sudah cukup baik untuk diterapkan karena mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang dijelaskan. Hal ini dipengaruhi oleh pelaksanaan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi Pelajaran dan karakter peserta didik. Didukung dengan lingkungan pembelajaran yang nyaman. Adapun dampak dari penerapan model pembelajaran Make a Match adalah meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah menyelesaikan tugas dari pendidik diakhir Pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbiah Arbiah, “Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pendidikan Agama Islam,” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 2, no. 1 (2022): 1113–23.

Chusnul Chotimah dan Tahta Alfina, “Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Situasi Belajar Mengajar dengan Metode Make a Match di Sekolah SMP Negeri 1 Mojoagung Kabupaten Jombang,” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 5, no. 3 (2022): 28–31.

Ira Rukmana, Jaya Jaya, Dan Rina Juliana, “Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satap 7 Tanjung Jabung Timur” (PhD Thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2022).

Nur Siang, “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match,” Khidmah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 1 (31 Januari 2021): 99–107, https://doi.org/10.24252/khidmah.v1i1.23623.

Umar Sidiq, Miftachul Choiri, dan Anwar Mujahidin, “Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan,” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1–228.

Zeni Nur Azizah, “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 2 Lambu Kibang,” t.t.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Rifaldi, Erniati, & Arifudin M. Arif. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 PALU. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1399–1404. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/169

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.