Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Aplikasi Thunkable Pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadits

Authors

  • Iman Saifullah PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Ainun Nabilah Sya`ban PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Acep Rahmat PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut

Keywords:

Thunkable, Media Pembelajaran berbasis android, Pembelajaran Al-Quran Hadits

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah  maupun dirumah adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kevalidan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable dalam mata pelajaran Al-Qur`an Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X C Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut yang dipilih untuk mengikuti kegiatan uji coba media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan aplikasi Thunkable. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari angket penilaian kelayakan media yang di berikan kepada ahli validasi media, ahli validasi materi, guru dan pengguna (siswa). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data mengenai proses pembuatan media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android denganmenggunakan aplikasi Thunkable yaitu berawal dari tahap pra produksi tahap produksi (pembuatan media menggunakan aplikasi Thunkable) serta tahap pasca produksi sehingga dihasilkan produk media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable. Untuk hasil kevalidan media pembelajaran matematika berbasis Thunkable oleh ahli media sebesar 74,53% dengan kategori “Layak” dan kevalidan media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable oleh ahli materi sebesar 92,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable yang dikembangkan dinilai praktis oleh validator yang artinya media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Media yang dikembangkan dinilai efektif dilihat dari respon siswa yang positif terhadap pembelajaran yang menggunakan media sebesar 95%. Media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan Aplikasi Thunkable juga dinilai efektif jika dilihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar diatas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, Rosmiaty. 2019. Dr. Hj. A. Rosmiaty Azis, M.Pd.I.

Budiman, Sri, and Abdul Wachid Bambang Suharto. 2021. “Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5(3):505–14. doi: 10.36312/jisip.v5i3.2195.

Fitriyani, Tatik, and Iman Saifullah. 2020. “Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan UNIGA 14(2):355. doi: 10.52434/jp.v14i2.1003.

Gunawan, and Aidah Ritonga Asnil. 2019. Media Pembelajaran Berbasis 4.0. Vol. 6.

Ijudin & Munawaroh N. 2018. “Pendidikan Agama Islam.” Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Khanifatul. 2013. “Pembelajaran Inovatif.” Ar-Ruzz Media 2.

Anton, Asif Maulana Muhammad, Lingga Shevila Wigar, Muhammad Faridz Tauzirie, & Syifa Nur Fauziah. (2024). Aksi Generasi Digital yang Berkarakter dan Toleran. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 679–686. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/97

Mariyam, Siti. 2020. “Menggunakan Metode Program Pelatihan Terjemah Al-Qur`an ( PPTQ ) Safinda Di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember Tahun 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.”

Masripah, Masripah, Nurul Fatonah, Yufi Mohammad Nasrullah, and Nurhasanah Nurhasanah. 2023. “Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri.” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 2(01):23–37. doi: 10.30762/allimna.v2i01.680.

Moto, Maklonia Meling. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3(1):20–28. doi: 10.17509/ijpe.v3i1.16060.

Musaddad, Zakiy Hakim. 2016. “Pengaruh Media Belajar Berbasis Aplikasi Android Terhadap Minat Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.” Islamic Education 1–66.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Iman Saifullah, Ainun Nabilah Sya`ban, & Acep Rahmat. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Aplikasi Thunkable Pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadits. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1554–1566. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/184

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.