Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Keywords:
Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Role PlayingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan penelitian kualtitatif. Metode Role Playing digunakan sebagai pendekatan pembelajaran alternatif yang melibatkan peran aktif siswa dalam simulasi situasi Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI, dengan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep-konsep Sejarah Kebudayaan Islam, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan sosial siswa. Temuan ini menunjukkan potensi metode Role Playing sebagai pendekatan pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam konteks pembelajaran SKI, dengan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan bagi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Downloads
References
Ade Husnaeni, Sayekti, S. P., & Mufida, H. (2023). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Pembelajaran Yang Efektif Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di TPA Hidayatul Mubtadi’ien. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(02), 132–140. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i02.2128
Ermaroutul Fuaddah, F., Pulmasari, M., Puteriani, T., & Alimni. (2023). Implementasi Metode Role Playing Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran SKI di Mas Darussalam Kota Bengkulu. 7, 32045–32049.
Fanani, A. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 171–192. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Humaerah, N. (2019). Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidkan Agama Islam (PAI) Berbasis Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Minat Belajar SKI Peserta Didik di MTs. Muhammadiyah Julubori. Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 9(1), 20–21.
Masripah, Wiganda, I., & Fatonah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(01), 236–248.
Nadidah, G. (2023). Inovasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Active Knowledge Sharing Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Rasyid, A. (2018). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.8
Rini, Y. S. (2017). Pendidikan: Hakekat, Tujuan dan Proses. Pendidikan, 32.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.
Yudistira, M. R. (2022). Penerapan Metode Role Playing dengan Media Audio-VIisual untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asep Tutun Usman, Masripah, Wilda Risma Agesty, Nenden Munawaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.