IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY ( CBT ) ( STUDI KASUS ANAK BROKEN HOME SMAN 9 KOTA BENGKULU

Authors

  • Halek Mu'min Universitas Ubudiyah Indonesia
  • Fatmawati

Keywords:

Bimbingan Konseling Individu, Cognitive Behaviour Therapy ( CBT ), bimbingan konseling, layanan individu, cbt

Abstract

Studi ini membahas implementasi  

Cognitive Behaviour  Teraphy

 ( CBT ) sebagai metode bimbingan konseling individu untuk seorang siswa di SMAN 9 Kota Bengkulu, yang berasal dari keluarga yang mengalami broken home. Ada sejumlah tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesehatan mental klien. Langkah pertama adalah penilaian awal, di mana konselor mengetahui kondisi klien dan bagaimana hal itu berdampak pada perasaan, pikiran, dan perilaku mereka. Setelah itu, konselor dan klien bekerja sama untuk menetapkan tujuan khusus yang berfokus pada meningkatkan kesehatan psikologis siswa.

Cognitive behaviour  teraphy

 ( CBT )  dipilih sebagai terapi untuk membantu siswa mengatasi pola pikiran negatif yang mungkin disebabkan oleh keadaan keluarga yang tidak stabil. Siswa dapat mengubah pola pikiran mereka menjadi lebih realistis dan adaptif melalui tugas, latihan pendedahan, dan reformulasi kognitif. Langkah berikutnya adalah pengembangan keterampilan. Di sini, siswa menerima alat praktis seperti metode relaksasi, pemecahan masalah, dan pengubah perilaku untuk membantu mereka mengatasi masalah sehari-hari dengan lebih baik. Langkah penting berikutnya adalah penerapan dan pemantauan, di mana konselor membantu siswa melacak kemajuan mereka dan memberikan umpan balik yang diperlukan. Terakhir, evaluasi dan pengakhiran dilakukan untuk mengevaluasi kemajuan siswa dan memastikan bahwa tujuan telah tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

Cognitive behaviour  teraphy

 ( CBT )  bekerja dengan baik untuk membantu siswa yang mengalami masalah psikologis yang disebabkan oleh situasi keluarga yang menantang. Penekanan pada tindak lanjut setelah konseling menunjukkan betapa pentingnya menggunakan pendekatan terapeutik yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk membantu siswa mengatasi tantangan mereka.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fatmawati

 

 

References

Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11-24.

Anis, A., Pither, K., & Megawati, D. (2023). MEMBIMBING DAN MENGENALKAN ROH KUDUS KEPADA ANAK BROKEN HOME. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 115-127.

Azhari, A. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 48-59.

Dini, I. R. (2021). Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Padang.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.

Mahendra, J. P., Rahayu, F., & Ningsih, B. S. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).

Mumtaz, J. A., Kusmawati, A., Salsabila, M., & Haidar, R. S. (2024). Metode Pendekatan Konseling Dalam Modifikasi Tingkah Laku Terhadap Anak Broken Home. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 314-326.

Nyumirah, S. (2013). Peningkatan kemampuan interaksi sosial (kognitif, afektif dan perilaku) melalui penerapan terapi perilaku kognitif di rsj dr amino gondohutomo semarang. Jurnal keperawatan jiwa, 1(2).

Oktavia, A., Syamsudin, M. M., & Atmojo, I. R. W. (2014). Efek terapi perilaku dengan metode applied behavior analysis terhadap kemandirian anak autis. Kumara Cendekia, 2(4), 275-282.

Pramesti, K. S. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2023). Keterlaksanaan asas kerahasiaan dalam konseling pada peserta didik dengan kondisi broken home. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 77-83.

Putri, N. W. E. (2019). Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 52-67.

Rahman, A. (2014). Konsep Terapi Perilaku dan Self-Efficacy. Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 408-431.

Rani, R. K., Sugiharto, D. Y. P., & Sugiyo, S. (2022). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 44-48.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Halek Mu’min, & Fatmawati. (2024). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY ( CBT ) ( STUDI KASUS ANAK BROKEN HOME SMAN 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 175–186. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/24

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.