PERAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN BERSAMA MELALUI GOTONG ROYONG DAN PARTISIPASI ANGGOTA AKTIF

Authors

  • Ramdan Laudengi Agribisnis, Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rikan Mokodompit Agribisnis, Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
  • Angriani Putri Ibrahim Agribisnis, Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
  • Ismin Sahali Agribisnis, Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
  • Agung Erlangga Kohongia Agribisnis, Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Koperasi, Kesejahteraan Anggota, Partisipasi Aktif

Abstract

Kemajuan suatu negara bisa diukur dari pendapatan, kesejahteraan, dan kesehatan warganya. Kesejahteraan yang baik mencerminkan perkembangan positif, dengan peningkatan pendapatan dan masyarakat yang sejahtera serta sehat. Salah satu cara mencapai kesejahteraan adalah melalui koperasi yang memainkan peran penting dalam ekonomi Indonesia sesuai dengan prinsip-prinsip UUD 1945 dan Sistem Ekonomi Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan kuesioner terbuka untuk mengumpulkan data. Koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Koperasi dapat memberikan kesejahteraan melalui partisipasi aktif anggotanya dalam berbagai kegiatan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan koperasi diukur dari kesejahteraan anggotanya yang terlihat dari tingkat pendapatan, pendidikan, dan kondisi perumahan. Manajemen koperasi harus berfokus pada kesejahteraan anggota untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan koperasi. Partisipasi anggota dalam semua kegiatan koperasi sangat penting, karena tanpa partisipasi aktif, tujuan koperasi tidak dapat dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikbaludin.2019. Peran Koperasi UIKA (KIKA) dalam Mensejahterakan Anggota (Studi Kasus pada Koperasi KIKA Universitas IBN Khaldun Bogor).Jurnal Ekonomi Keuangan Syariah.Vol 3 No. 1 January 2019 Page 115-129.

Finanto Hasto Dan Iswanto Totok. 2020. Analisis Identifikasi Permasalahan Koperasi Politeknik Balikpapan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anggota.Akuntabel. 17(1): 253-260.

Sandri siti hanifa. 2016. Keefektifan Peranan Koperasi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Dan Masyarakat Daerah Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Studi Kasus Kud Langgeng).Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Darma Andalas. 18(2): 362-370.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Ramdan Laudengi, Rikan Mokodompit, Angriani Putri Ibrahim, Ismin Sahali, & Agung Erlangga Kohongia. (2024). PERAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN BERSAMA MELALUI GOTONG ROYONG DAN PARTISIPASI ANGGOTA AKTIF. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2792–2799. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/301

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.