PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IMAM GHAZALI

Authors

  • Suntamah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Reza Romansah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Raudina Rihhadatul Aisy Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dina Indriana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Pendidikan, Pemikiran, Konsep Pendidikan islam imam Al Ghazali

Abstract

Secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan agama Islam menurut Imam Al-Ghazali.Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk menggali pemikiran al-Ghazali tentang ilmu pengetahuan dan untuk menggali pemikiran al-Ghazali tentang konsep tersebut.pendidikan Islam.Untuk memenuhi tujuan penelitian, maka studi kepustakaan ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, khususnya analisis data berpikir reflektif, khusus teknik analisis data.Selain itu untuk menganalisis data yang ada, penulis juga menggunakan metode perbandingan. Yaitu mempertimbangkan unsur-unsur situasi atau fenomena yang diteliti dan membandingkan unsur yang satu dengan unsur yang lain.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan merupakan sumber kebahagiaan dunia dan akhirat.Ilmu pengetahuan akan menjadikan manusia sebagai makhluk yang lebih mulia dan terhormat dibandingkan makhluk lainnya. Al-Ghazali adalah seorang pemikir dan ulama besar dengan hasil karya dalam berbagai bidang ilmu seperti ilmu agama, filsafat, tasawuf, akhlak, politik, dan lainnya. pendidikan menurut Al-Ghazali merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk melahirkan perubahan yang progresif pada tingkah laku manusia. Dalam pandangan Al-Ghazali, sentral dalam pendidikan adalah hati sebab hati merupakan esensi dari manusia karena substansi manusia bukanlah terletak pada unsur-unsur yang ada pada fisiknya, melainkan berada pada hatinya dan memandang manusia bersifat teosentris sehingga konsep tentang pendidikannya lebih diarahkan pada pembentukan akhlak yang mulia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Abdul Malik Karim. dan Djumransjah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press.

Amrullah, Abdul Malik Karim. dan Djumransjah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press.

Barizi, Imam Tolkhah dan Ahmad. “Mumbuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam.” 2004: 263.

Collin, Denis. 1999. Paulo Freire Kehidupan Karya dan Pemikirannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1998. al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Al-Hidayah

Hasbullah. 1997. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ihsan, Hamdi Ihsan dan Fuad. “Filsafat Pendidikan Islam.” Pendidikan Islam dalam Presfektif Al-Ghazali 38, no. 1 (2018): 21.

Iqbal, Abu Muhammad. “Pemikiran Pendidikan Islam.” 2015: 88.

Iqbal, Abu Muhammad. “Pemikiran Pendidikan Islam.” 2015: 94.

Khan, Shafique Ali. “Filsafat Pendidikan Al-Ghazali.” 2005: 365.

Mahmud. “Pemikiran Pendidikan Islam.” 2011: 244.

Mahmud. “Pemikiran Pendidikan Islam.” 2011: 250.

Munardji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu. dalam Lois Ma’luf. 1951. Kamus al-Munjid. Bairut: Al Maihbah Al Kathalikyah.

Nata, Abuddin. “Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam .” 2003: 12.

Nata, Abuddin. “Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam.” 2000: 86.

Patoni, Achmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Shofan, M. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruktif Membongkar DikotomiSistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ircisod.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Suntamah, Reza Romansah, Raudina Rihhadatul Aisy, Wahyu Hidayat, & Dina Indriana. (2024). PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IMAM GHAZALI. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2824–2832. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/305

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.