PEMILIHAN KATA YANG MENARIK DAN UNIK PADA IKLAN APLIKASI SHOPEE: ANALISIS WACANA TEKS PERSUASIF

Authors

  • Siti Fatimah Handayani Hsb Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Rika Trinawati Sinaga Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Candy Carobelli Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Maria Aulia Pratama Sinaga Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Iklan shopee, Analisis wacana, Persuasif Implisit dan Eksplisit

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan salah satu aplikasi shopee. Shopee sebagai salah satu aplikasi pemasaran yang menjual berbagai barang kebutuhan dengan secara iklan. Iklan tersebut berfungsi sebagai alat pemasaran luas agar informasi tersebut dapat ditembus ke berbagai dunia yang sifatnya ajakan atau persuasif. Gaya bahasa yang digunakan dapat memengaruhi pembeli untuk membeli barang di shopee. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan metode menyimak. Metode menyimak yang dilakukan pada penelitian ini Artinya memperhatikan penggunaan bahasa dalam wacana periklanan. Studi menunjukkan bahwa ada dua cara pengiklan dapat membujuk calon konsumen, yaitu: persuasi implisit dan  persuasi  eksplisit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ayubi, M. Z. (2023). Kemenarikan Pemilihan Kata Pada Iklan Online Shop Aplikasi Shopee Analisis Wacana Persuasi. Journal on Education, 17104-17114.

Annisa Putri Ayudhitama, U. P. (2019). Analisis Kualitas dan Usabilitas Berdasarkan Persepsi Pada Website Shopee. JIP (Jurnal Informatika Polinemo), 61-70.

Astuti, S. (2017). Persuasif dalam Wacana Iklan . Semarang : Nusa.

Farhah Salsabil Yumna, R. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Teks Persuasif Menggunakan Model Kooperatif Student Team Achievment Division. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 185-192.

Haryo Widyanto, N. (2016). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Barang dan Iklan Jasa Koran Pontianak Post Edisi Oktober 2016 .

Keraf, G. (2017). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Meilan Rahmah Denny Lubis, Y. K. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Medan . Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 119-125.

Muhammad Zukhruf Fikri Al Ayubi, H. S. (t.thn.). Kemenarikan Pemilihan Kata Pada Iklan Online Shop Aplikasi Shopee Analisis Wacana Persuasi. Journal on Education.

Pebriansyah, S. A. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi , 565- 569.

Pebrianti, F. (2013). Penggunaan Diksi Pada Iklan Produk Unilever di Stasiun Televisi SCTV.

Yuli Sari, D. S. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Didactique Bahasa Indonesia, 59-68

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Siti Fatimah Handayani Hsb, Rika Trinawati Sinaga, Candy Carobelli, Maria Aulia Pratama Sinaga, & Mustika Wati Siregar. (2024). PEMILIHAN KATA YANG MENARIK DAN UNIK PADA IKLAN APLIKASI SHOPEE: ANALISIS WACANA TEKS PERSUASIF. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2893–2909. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/312

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.