Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Pembelajaran IPS (Kajian Literatur)
Keywords:
Game Edukasi, Model Pembelajaran, IPSAbstract
Memperoleh pendidikan baik melalui formal maupun non-formal sebagai komponen penting untuk meningkatkan kualitas manusia. Dalam pembelajaran IPS salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang isu-isu sosial dan membantu mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Disiplin ilmu ini menggabungkan sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, politik, hukum, budaya, dan psikologi sosial. Maka dari itu, siswa pada umumnya menganggap pendidikan IPS sebagai pelajaran yang membosankan, sulit, dan tidak menarik. Maka dari itu, dalam mengatasi masalah ini, dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran game edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran permainan edukatif ke dalam proses pembelajaran IPS. Metode penelitian ini menggunakan literature review melalui Google Scholar dan Harzings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 artikel penelitian terdahulu menghasilkan, bahwa penerapan game edukatif di pembelajaran IPS efektif bagi peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa
Downloads
References
Ananda, P. N., Khotimah, K., Prasetyo, K., & Prasetya, S. P. Pengaruh Media Quizizz Dalam Pembelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa.
Erawati, E., Zulfa, Z., & Meldawati, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi Wordwall Maze Chase dalam Penilaian Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20301-20308.
Farhi, V. (2022). Games Based Learning: Karakteristik, Tujuan dan Contoh. HaloEdukasi.com. https://haloedukasi.com/games-based-learning
Fuadah, F. A. (2023). PENERAPAN GAME EDUKASI MARBEL BUDAYA NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(1), 227-238.
Ismaiil. 2006. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Lpmpjateng. (2023, February 24). PEMANFAATAN GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. BBPMP Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-game-edukasi-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/
Pambudi, G. (2022). Game Based Learning (Pembelajaran berbasis game). WartaGuru.ID. https://wartaguru.id/game-based-learning-pembelajaran-berbasis-game/
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148.
Rahmawati, V., Umamah, N., Sumardi, S., & Marjono, M. (2023). The Effect of the Game-Based Learning Model on Student Engagement in History Learning. Paramita: Historical Studies Journal, 33(1).
Rahma, E. A. J., Ibrahim, M. D. M., Persada, S. A., Dwiyanti, S. K., Rozak, R. W. A., & Nur, M. (2022). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(3), 88-98.
Sa, A. W. (2022). Game-Based Learning: Metode Pembelajaran yang Menyenangkan. Sampoerna Academy. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/game-based-learning-metode-pembelajaran-yang-menyenangkan/
Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saniyasa, M., & Tripalupi, L. E. (2021). Penerapan Pembelajaran Tipe Co-op Co-op dan Team Games Tournament (TGT) pada siswa SMP dengan Materi Pelaku Ekonomi dan Perannya dalam Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 310-318.
Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nilam Ardiningrum, Desy Safitri, Sujarwo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.