Memahami Kekayaan Warisan Musik Melayu: Alat Musik Tradisional dan Fungsinya

Authors

  • Intan Sri Devi Sitorus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Dinda Octafriyanda Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Romauli Hutagaol Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Putri Situmorang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Tata Azwa Faradillah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Pebryola Mahulae Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Monika Rajagukguk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Tri Indah Prasasti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Musik, Tradisional, Budaya Melayu

Abstract

Musik menjadi hak semua orang yang ingin berbagi tentang perasaannya ketika mendengarkan lantunan kata-kata indah. Dalam hidup, manusia selalu identik dengan kesenian, khususnya seni musik. Penciptaan seni pada umumnya berasal dari pengalaman imajinasi penciptanya. Musik terus berkembang mengikuti perubahan zaman sebagai wujud pemikiran manusia itu sendiri yang suka terhadap hal-hal baru. Dalam mengembangkan kesenian musik, masyarakat Melayu berupaya untuk menggali kesenian dari budaya asli mereka sehingga tidak dapat dipisahkan dari upaya pelestariannya. Salah satu dari rumpun budaya Melayu tersebut mempunyai ciri yang khas, seperti tari, teater rakyat, termasuk juga di antaranya musik. Musik Melayu mempunyai kekhasan tersendiri baik secara menyeluruh terhadap semua daerah yang melingkupinya, maupun secara khusus etnik pembagian daerah perkembangannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan secara mendalam tentang kekayaan warisan musik Melayu, khususnya alat musik tradisional dan fungsinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Wan Ramli Wan. "Gamelan Melayu: Sejarah dan Peranannya dalam Masyarakat Melayu." Jurnal Seni dan Budaya Melayu, vol. 5, no. 1, 2018, pp. 45-60.

Aziz, Zainal. "Penggunaan Gendang Nobat dalam Upacara Kerajaan di Malaysia." Sejarah Kebudayaan Melayu, vol. 3, no. 2, 2017, pp. 75-88.

Hamid, Nor Anisah Abd. "Kompang: Alat Musik Tradisional dalam Masyarakat Melayu." Jurnal Warisan Budaya, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 22-35.

Ismail, Ahmad. "Peran Seruling dalam Musik Tradisional Melayu." Musik Tradisional Nusantara, vol. 6, no. 2, 2020, pp. 50-67.

Latif, Siti Nur. "Caklempong: Alat Musik Perkusi dalam Kebudayaan Melayu." Jurnal Musik Tradisional, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 30-44.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Intan Sri Devi Sitorus, Dinda Octafriyanda, Romauli Hutagaol, Putri Situmorang, Tata Azwa Faradillah, Pebryola Mahulae, … Tri Indah Prasasti. (2024). Memahami Kekayaan Warisan Musik Melayu: Alat Musik Tradisional dan Fungsinya. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3233–3241. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/369

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.