Analisis Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Pabrik Gilingan Daging Di Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon

Authors

  • Abd Rijali Lapodi STIKes Maluku Husada
  • Sri Sartika Rumbouw STIKes Maluku Husada

Keywords:

Kecelakaan Kerja, Pekerja Pabrik, Gilingan Daging

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan permasalahan yang sering terjadi pada pekerja baik pada sektor informal maupun sektor formal termasuk pada pekerja Pabrik Gilingan Daging. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja Dilihat Dari Umur, Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Lama Jam Kerja, Dan Penggunaan Alat Pelindung Diri. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Observasional Analitik Dengan Menggunakan Desain Cross Sectional Study. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 20 pekerja yang merupakan total populasi. Lokasi penelitian yaitu Pabrik Gilingan Daging Di Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan 55% pekerja mengalami Kecelakaan Kerja pada saat melakukan penggilingan. Berdasarkan hasil analisis bivariat di dapatkan bahwa Tidak ada hubungan antara variabel umur dengan kecelakaan kerja yaitu (p value = 0,.092), Tidak ada hubungan antara variabel pendidikan dengan kecelakaan kerja (p value = 0,077), Tidak ada hubungan antara variabel masa kerja dengan kecelakaan kerja (p value = 0,022), Ada hubungan antara variabel Lama Jam Kerja dengan kecelakaan kerja (p value = 0,000), dan Tidak ada hubungan antara variabel Alat Pelindung Diri dengan kecelakaan kerja (p value = 0,081). Pemilik pabrik sebaiknya mengadakan pelatihan tentang upaya pencegahan kecelakaan kerja dan membatasi waktu kerja tidak lebih dari 10 jam dalam 1 minggu, agar mengurangi risiko kecelakaan kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswadi. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Karyawan Bagian Drilling Pada PT.Saripari Pertiwi Abadi (SAP) Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. UIN Suska Riau, 77.

Aswar, E., Asfian, P., Fachlevy, A.F. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja bengkel mobil Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(3), 1-5.

Atmoko, B. A., & Budisatria, I. S. (2021). Identifikasi Potensi Bahaya, Risiko Dan Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Peternakan sapi Potong Di Wilayah Boyolali. Jurnal Triton, X, 14.

BPJS Ketenagakerjaan. Laporan Tahunan BPJS Ketenagakerjaan. http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/laporan-tahunan.html, diunduh 26 November 2023

Darwis, A. M., Noviponiharwani, Latief, A. W. L., Ramadhani, M., & Nirwana, A. (2020). Kejadian Kecelakaan Kerja di Industri Percetakan Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 3(2).

Dahlan, M. (n.d.). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja Berdasarkan Hasil Investigasi.

Nta, R., Is, J. M., & Fahlevi, M. I. (2022). Analisis Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Perabot Kayu Di Dunia kecamatan Blang Pidie Kabupaten Banda Aceh. JURMAKEMAS (Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 168.

ILO, 2018. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Edisi ke 5 ed.). Indonesia.

Kecelakaan Keja Di PT. PAL Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3, 15.

Santoso , T., Budihari, N., & Haryanto, S. (2021). Upaya Pengendalian Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Job Safety Analysis Pada Pekerja Pembuatan Produk Tahu Di Desa Ploso, Kab>Jombang Jawa Timur. Jurnal Valtech, IV, 247.

Santoso, E. (2020). Praktik Jasa Penggilingan Daging DiKelurahan Koto Panjang Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solo Ditinjau Dari Perspektif Fiqih Muamalah. IAIN Batusangkar, 66.

Setiarsih, Y., Setyaningsih, Y., Widjasena, B. (2017). Hubungan karakteristik pekerja, promosi k3, dan ketersediaan alat pelindung diri (APD) dengan perilaku tidak aman pada pekerja mechanical maintenance. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(5), 424-33.

Suparmi, Khairat, F., Krisdiyanta. (2018). Faktor yang berisiko terhadap terjadinya kecelakaan kerja pada pekerja bengkel las di Kecamatan Jelutung. Jurnal Bahan Kesehatan Masyarakat, 2(1), 21-6.

Swaputri, E. (2010). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja . Jurnal Kesehatan Masyarakat , 105.

Tuhulaula, N. A., Fajrini, F., Ernyasih, Dihartawan, Andriyani, & Munaya. (2021). Analisis Tingkat Resiko Keselamatan Kerja Pada Pekerjaan Service Dan Fabrikasi Gondola Di PT. Tien Persada Nusantara Tahun 2020. Environmental Occupational Health And Safety Journal, II, 69-80.

Tanjung, R., Syaputri, D., Rusli, M., Sinaga, J., Manalu, S. M., Bambang, TH. T., & Lubis, A. Z. (2022). Analisis Faktor Kecelakaan Kerja pada Pekerja Usaha Bengkel Las. Formosa Journal of Science and Technology, 1(5). https://doi.org/10.55927/fjst.v1i5.1229

Wirdari, I. E., Denny, H. M., & Kurniawan, B. (2015). Analisis faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Maintenance Eletrikal Dalam Menerapkan Work PermitDi PT. X Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, III, 456-464.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Abd Rijali Lapodi, & Sri Sartika Rumbouw. (2024). Analisis Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Pabrik Gilingan Daging Di Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3521–3536. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/406

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.