Islam dalam Konteks Modern: Praktik-praktik Spiritualitas dalam Zaman Moderen

Authors

  • Mauza Dwi Yoharsa Teknik Sipil, Sains Dan Teknologi, Universitas Jambi
  • M. Septiyan Wibawa Teknik Sipil, Sains Dan Teknologi, Universitas Jambi
  • M. Naufaliviadi Nugroho Teknik Sipil, Sains Dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Jeny novita Teknik Sipil, Sains Dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Defsa Yurinda Teknik Sipil, Sains Dan Teknologi, Universitas Jambi

Keywords:

Islam, Spiritualitas, Konteks Modern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari umat Islam dalam konteks modernitas. Dengan menggabungkan tinjauan literatur, studi kasus, dan metode analisis, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Islam dipraktikkan dan ditafsirkan oleh umat Islam dalam dinamika kehidupan modernitas sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa spiritualitas Islam dalam kehidupan sehari-hari bersifat kompleks dan beragam tergantung pada faktor-faktor seperti budaya lokal, perkembangan teknologi dan perubahan sosial. Kami juga menyadari tantangan yang dihadapi umat Islam dalam menegakkan Islam di dunia saat ini, termasuk dampak globalisasi dan kemajuan teknologi. Dengan metode penelitian yang kami rancang, kami berharap dapat mengumpulkan data yang obyektif dan representatif mengenaiaktivitas spiritual dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Informasi ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana Islam telah dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari umat Islam di zaman modern. Oleh karena itu, kami yakin penelitian ini dapat berkontribusi pada pemahaman dampak praktik spiritual dalam Islam dalam konteks modern dan memberikan pedoman untuk menciptakan strategi dan langkah praktis untuk pengembangan praktik keagamaan yang efektif dan inklusif di dunia modern. menjadi semakin global dan beragam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handoko, Y. H. Y. (2023). Disiplin Dan Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Perilaku Tagguh Dan Tanggung Jawab. Injire, 1(2), 201-212.

Lestari, A., & Handoko, Y. (2024). Digitalisasi Bahan Ajar Untuk Membangun Pemahaman Agama Islam Yang Moderat. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 17-29.

Handoko, Y. (2024). Organizational Communication For Excellent Education: A Model At Modern Islamic Elementary School Raudhatul Ma’arif, Bungo. Journal Of Education Method And Learning Strategy, 2(01), 79-91.

Suaidi, Sholeh. (2014). "Islam Dan Modernisme." Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1(1), 1-12.

Kastolani, Olan. (2019). Islam Dan Modernitas: Sejarah Gerakan Pembaharuan Islam Di Indonesia. Transmedia, Yogyakarta. Isbn 978-602-5747-48-9.

Kastolani, Olan. (2019). Islam Dan Modernitas: Sejarah Gerakan Pembaharuan Islam Di Indonesia. Transmedia, Yogyakarta. Isbn 978-602-5747-48-9.

Yahya, M. (2022). "Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam." Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-Qur’an, Bahasa, Dan Seni, 7(1), 178–194.

Okamura, M., Takagaki, A., Toda, M., Kondo, J. N., Domen, K., Tatsumi, T., Hara, M., & Hayashi, S. (2006). Acid-Catalyzed Reaction On Flexible Polycyclic Aromatik Carbon In Amorphous Carbon. Chem. Mater, 18, 3030-3045.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Mauza Dwi Yoharsa, M. Septiyan Wibawa, M. Naufaliviadi Nugroho, Jeny novita, & Defsa Yurinda. (2024). Islam dalam Konteks Modern: Praktik-praktik Spiritualitas dalam Zaman Moderen. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3537–3541. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/407

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.