Faktor Rendahnya Self-Efficacy Pada PesertaPelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Menjahit Dewi

Authors

  • Sani Susanti Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Anugrah Setiawan Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Yolanda Pretty Marpaung Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Reny Furnawati Sitanggang Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Tri Mawar Sianturi Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan
  • Amenobelia Sitepu Pendidikan Masyarakat, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Manajemen Pelatihan, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Kepercayaan Diri

Abstract

Tantangan kurangnya kepercayaan diri bagi peserta pelatihan di LKP Dewi yang ingin membuka usaha jahit sendiri merupakan permasalahan yang kompleks. Selain melibatkan aspek teknis dalam bidang menjahit, tantangan tersebut juga mencakup aspek psikologis, praktis, dan finansial. Meskipun peserta memiliki keterampilan teknis yang memadai, keraguan tentang kemampuan mengelola bisnis, kekhawatiran terkait finansial, dan ketakutan akan kegagalan dapat menjadi penghambat dalam mencapai kesuksesan bisnis. Dalam konteks ini, pendekatan holistik yang mencakup penguatan mental, pendampingan, pendidikan bisnis, dan membangun komunitas solid menjadi krusial dalam membantu peserta mengatasi kurangnya kepercayaan diri dan meraih kesuksesan dalam usaha jahit mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzi, E. R., & Widiastuti, N. (2018). Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang. Jurnal Com-Edu , 1 (2).

Fitri, M., & dkk. (2023). Peran Pengelola dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha Warga Belajar Melalui Kursus Menjahit di LKP Adi Busana Kota Bekasi Barat. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 10 (11).

Meilasari, R. D., & dkk. (2022). Manajemen Manufaktur LKP Rumah Jahit Ilham Kharisma di Kota Padangsidimpuan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 6 (1).

Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Kirkpatrick Untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian , 2 (8).

Tiyaningsih, O. A. (n.d.). Hubungan Antara PelatihanMotivasi Menjahit Level III Dengan Motivasi Berwirausaha Warga Belajar Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Modes Al-Amin Tanjungsari Kota Blitar. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya .

Widiastuti, E. H., & dkk. (2017). IbM Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Penjahit Garmen di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Majalah Ilmiah Pawiyatan , 24 (2)

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Sani Susanti, Anugrah Setiawan, Yolanda Pretty Marpaung, Reny Furnawati Sitanggang, Tri Mawar Sianturi, & Amenobelia Sitepu. (2024). Faktor Rendahnya Self-Efficacy Pada PesertaPelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Menjahit Dewi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3555–3560. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/412

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.