ANALISIS WACANA IKLAN ENERGEN MENGGUNAKAN TEORI ANALISIS WACANA KRITIS VAN DIJK

Authors

  • Chelsy Yani Sri Bina Br Bangun UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Rehna Okviyanti Marpaung Universitas Negeri Medan
  • Saur Sonang Samosir Universitas Negeri Medan
  • Theresia Anggereni Universitas Negeri Medan
  • Malan Lubis Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis Wacana Kritis

Abstract

 

Penelitian ini mengkaji wacana iklan televisi produk Energen menggunakan teori Analisis Wacana Kritis Van Dijk. Tujuan penelitian adalah untuk memahami bagaimana iklan ini menyampaikan pesan, nilai, dan ideologi tertentu kepada konsumen, serta perannya dalam membentuk pola pikir dan perilaku konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui teknik menyimak dan mencatat percakapan dalam iklan. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Energen menggunakan narasi yang kuat untuk membangun citra keluarga sehat dan harmonis, serta mengaitkan penggunaan produk dengan peningkatan daya tahan tubuh selama puasa. Bahasa yang digunakan dalam iklan bersifat persuasif, dengan frasa seperti "Biar Kuat Puasanya Lengkapi Sahurnya dengan Energen" untuk menekankan manfaat produk. Gambar visual dalam iklan, termasuk susu, sereal, dan vitamin, memperkuat pesan tentang kelebihan dan manfaat produk. Pembahasan temuan ini mengungkapkan bahwa iklan Energen tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga memperkuat ideologi tentang kesehatan yang diinginkan dalam masyarakat. Iklan ini menciptakan standar tertentu yang dapat menimbulkan tekanan terhadap konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa iklan Energen secara efektif mempengaruhi persepsi dan tindakan konsumen melalui penggunaan narasi, bahasa persuasif, dan gambar visual yang kuat. Analisis ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang peran iklan televisi dalam membentuk budaya konsumsi dan ideologi kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriana, C. N., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Kesadaran Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 25 No. 1 Agustus 2015, 7.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga

Lengkey, H. A. W., & Balia, R. L. (2014). The effect of starter dosage and fermentation time on ph and lactic acid production. Biotechnology in Animal Husbandry, 30(2).

Marlia, C., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. Analisis Wacana Kritis Van Djik pada Iklan Bear Brand Tahun 2021 dan 2022. Asas: Jurnal Sastra, 11(2).

Oentoro, Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo

Saputra, Y. D., & Dewonugroho, N. Analisis Wacana Iklan Televisi Pond's Men Menggunakan Teori Analisis Wacana KritisVan Dijk.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta:UNS.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Bangun, C. Y. S. B. B., Marpaung, R. O., Samosir, S. S., Anggereni, T., & Lubis, M. (2024). ANALISIS WACANA IKLAN ENERGEN MENGGUNAKAN TEORI ANALISIS WACANA KRITIS VAN DIJK. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3785–3790. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/452

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.