PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI RANGKA MANUSIA

Authors

  • Elif Muti’atur Rohmah MTsN 2 Jember

Keywords:

Articulate Storyline, Rangka Manusia, Pengembangan media interaktif

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memacu pengembangan media pembelajaran sebagai solusi untuk mengatasi kendala dalam proses pembelajaran materi rangka manusia kelas VIII B MTsN 2 Jember, yang saat ini masih mengandalkan media pembelajaran PowerPoint berorientasi pada teks, sehingga kekurangannya  interaksi dalam pembelajaran tersebut. Studi ini menerapkan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan materi tentang struktur tubuh manusia di kelas VIII B di MTsN 2 Jember dinilai sangat sesuai, skor validasi media sebesar 97% dan skor validasi materi sebesar 97,5%. Media pembelajaran juga terbukti efektif, terlihat dari pertumbuhan hasil belajar siswa yang diukur dengan nilai n-gain sebesar 0,6. Umpan balik siswa terhadap media pembelajaran memperoleh nilai sebesar 82,6% yang menunjukkan bahwa umpan balik siswa sangat baik, menegaskan bahwa media tersebut layak untuk digunakan. Oleh karena itu, hasil penelitian mendukung argumen bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan artikulate storyline dapat menjadi alternatif yang efektif dan cukup untuk meningkatkan kualitas materi pembelajaran rangka tubuh manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, H., Roesminingsih, M. V., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Ips Di Kelas V.

Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Pt Bumi Aksara. Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Pt Rajagrafindo persada.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V4i2.331

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (Edisi Ke 2). Yogyakarta : Gava Media.

Dinda, A., Nissa, A., Toyib, M., Sutarni, S., & Akip, E. (2021). Development Of Learning Media Using Android- Based Articulate Storyline Software For Teaching Algebra In Junior High School Development Of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software For Teaching Algebra In Junior High School. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1720/1/012011

Diningsih, A., & Wardani, N. S. (2021). Pengembangan Game Mari Belajar Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Pembelajaran Tematik Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 539–548. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.375

Fardila, S., & Arief, M. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas X Otkp Di Smk Cendika Bangsa Kepanjen ). Https://Doi.Org/10.17977/Um066v1i42021p344-356

Fathani, A. H. (2020). Guru Pembelajar, Bukan Guru Biasa (Membangun Kompetensi Guru Profesional Lintas Generasi Yang Menginspirasi Dan Menggerakkan). Gresik : Sahabat Pena Kita.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.

Fatikhah, F. F., & Anggaryani, M. (2022). Development Of Articulate Storyline -Based Dynamic Fluid Learning Media For Grade Xi High School Students. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.6.1.26-34

Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “ Scriber ” Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V19i2.3005

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.

Harris, J., Koehler, M., Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge.

Harususilo, Y. E. (2018). Wah Siswa Indonesia Pemakai Teknologi Tertinggi Di Dunia. Kompas.Com.

Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2018/12/11/08143651/Wah-Siswa-Indonesia-Pemakai-Teknologi- Tertinggi-Dunia-Ini-7-Faktanya?Page=All

Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Smkn 3 Surabaya.

Hsu, Y. S. (2015). Development Of Science Teachers Tpack. London : Springer Singapore Heidelberg.

Https://Doi.Org/Doi 10.1007/978-981-287-441-2

Hunter, J. (2015). Technology Integration And High Possibility Classrooms : Building From Tpack. New York : Routledge Taylor & Francis.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran. Jember : Cv Pustaka Abadi. Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Umsida Press.

Nurhasanah, S. (2019). Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi Dan Bisnis Aplikasi Dengan Ms Excel Dan Spss. Jakarta : Salemba Empat.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sd/Mi. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1546 Issn

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i5.797

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V7i1.1631

Purnama, S. I., & Asto, I. G. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Xi Di Sma Srijaya Negara Palembang. Https://Ejournal.Unsri.Ac.Id/Indeks.Php/Jbti/ Article/Download/7898/Pdf

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge ( Tpack ): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. 6(1). Https://Doi.Org/10.32493/Jpkn.V6i1.Y2019.P65-74

Ramdani, A., Wahab, J. A., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V5i1.221

Rezkiawaty, S. U. (2018). Literasi Digital Generasi Milenial. Literacy Institute.

Rohman, S. N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.

Sabrina, A. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Adobe Flash Cs6 Pada Kd Mengklasifikasi Berkas Administrasi Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Di Smk Negeri 1 Boyolangu.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.1007/Xxxxxx-Xx- 0000-00

Saputri, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 2 Tambusai. 1–8.

Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Effectiveness Test Of Learning Media Interactive Oriented Construktivism In Neurulasi Topic To Animal Development Subject. Ii(1), 158–164.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi Ke 3). Bandung : Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedegogja.

Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The Role Of M-Learning On Effective Learning Media In Higher Education.

Syabri, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika.

Syaifullah, A. (2019). 66,3% Masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone. Indonesiabaik.Id.

Https://Indonesiabaik.Id/Infografis/663-Masyarakat-Indonesia-Memiliki-Smartphone-8

Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington : Indiana Univ.

Tulung, J. M., Syahid, A., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). Generasi Milenial Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Agama Di Era Banjir Informasi. Depok : Pt Rajagrafindo Persada.

Wibawanto, W. (2017). Desain Dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Elif Muti’atur Rohmah. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI RANGKA MANUSIA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 388–406. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/46

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.