MENELISIK AKULTURASI KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP MASYARAKAT SEBRANG JAMBI

Authors

  • Ersa Ramadani Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  • Raisya Putri D Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  • Wendra Arya N Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  • M. Rezky Sahputra Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  • Erhan Ardika Diningtias Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Naufal Arhaburrizki Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi

Keywords:

Melayu, adat, budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masuk islam ke jambi lebih tepatnya sebrang yang merupakan pusat peradaban islam di provinsi jambi,  akulturasi budaya islam melayu,serta tantangan dan solusi kebudayaan islam arab melayu yang mulai ditinggalkan dan mulai tergerus oleh perubahan zaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data data dari wawancara, sumber jurnal ilmiah, dan juga mengolah data secara empiris, menyeleksi data, dan mengambil kesimpulan secara konkrit. Dari penelitian didapatkan bahwa banyak generasi muda yang melupakan kebudayaan islam arab melayu seperti, burdaan, barzanji, turun mandi, haul, ziarah kubro. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa semakin modern zaman dan perubahan tren dari zaman ke zaman ikut mempengaruhi punah dan usaha usaha pelestarian adat budaya islam.generasi muda harus mulai mempelajari dan mulai mencintai adat kebudayaan Islam. Kebudayaan Islam mulai muncul dan tersebar ke seluruh Jambi sejak abad ke-15 dan mulai terlihat sejak abad ke-17 saat kesultanan Islam mulai berkembang. Kebudayaan Islam awalnya diturunkan dari generasi ke generasi melalui pembelajaran, cerita, dan kegiatan. Sehingga bisa terus terlestarikan. Budaya Islam dalam penelitian ini juga berkaitan dengan adab dan kebiasan.adat muncul dari kebiasaan yang menyeseuaikan dengan islam. Kebudayaan harus patuh dengan filsafat adat bersendi syarak,syarak bersendi kitabullah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apdelmi. t.thn. “Islam dan Sejarahnya pada Masyarakat Jambi Seberang.” Fakultas Ilmu Budaa Universitas Jambi.

Arsyad, Jamaluddin. 2019. Akulturasi Islam dengan Budaya Melayu. Palembang.

Destrinelli, Alirmasyah, Kiki Handayani, Aldo Darmawan, Khaini Hajar, M. Fadjar Dewangga Suri, Dina Hermina Unai. 2020. “Perspektif Mahasiswa PGSD Terhadap Mata Kuliah Adat Melayu dalam Melestarikan Budaya Melayu Jambi.” Jurnal Ilmu Budaya 1.

Falah, Muhammad, Andriana, Anggia Rita. 2023. “Tapak Tilas Para Habib pada Permukaan Kultur Masyarakat Seberang Jambi sebagai Penguat Upaya untuk Melindungi dan Menjaga Warisan Budaya Menuju Kota yang berkelanjutan.” History, CUlture and Civilization.

Giyarto. 2007. Selayang Pandang Jambi. Klaten: Intan Pariwara.

Handoko, Yudo. 2018. “Reorientasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Globalisasi.” Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM) 71.

Junaid, Hamzah. 2013. “KAJIAN KRITIS AKULTURASI.” Jurnal Diskursus Islam 56-73.

Muslim, Fachruddiansyah. 2015. “Analisi Perkembangan Perubahan Budaya Masyarakat Kota Jambi dan Pengembangan Pola Perekonomian Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif.” Prosiding Seminar Nasional 789.

Putra, B. A. 2016. “Islamisasi di Dunia Melayu Jambi.” Jurnal Ilmu Humaniora.

Siregar, Nur Yulia Lisseneini dan Isrina. 2022. “Proses Islamisasi pada Masa Kerajaan Melayu Jambi.” Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi 42-52.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Ersa Ramadani, Raisya Putri D, Wendra Arya N, M. Rezky Sahputra, Erhan Ardika Diningtias, & Naufal Arhaburrizki. (2024). MENELISIK AKULTURASI KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP MASYARAKAT SEBRANG JAMBI. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3797–3805. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/465

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.