Analisis Penalaran Siswa Kelas V SDK Lamawalang Pada Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika

Authors

  • Bernadus Bin Frans Resi Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Selfiana Burahewen Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur
  • Mancelina Perada Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur

Keywords:

Penalaran matematis siswa, Pecahan, Etnomatematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa kelas V pada materi pecahan menggunakan pendekatan etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK Lamawalang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2023. Penggunaan lembar kerja,, dokumentasi, dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa sudah baik akan tetapi ada beberapa indikator yang belum terpenuhi. Hal ini ditunjukan dengan beberapa peserta didik belum memenuhi indikator penalaran matematis dalam menyelesaiakan masalah pada materi pecahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajmain, Herna, Masrura, & Inaya, S. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Suara Intelektual Gaya Matematika.

Cazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan matematika.

Edy Tandililing. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Hasanah, S. U., Suryaningrum, C. W., & Fatqurhohman. (2023). Penalaran Matematis Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Luas Daerah Persegi panjang. Jurnal Silogisme.

Helan, G. C., Resi, B. B., & Kelen, S. W. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Research Of Mathematics and Mathematics Education.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal.

Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan.

Resi, B. B. (2021). Desain Lintasan Belajar Matematika Realistik. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Resi, B. B. (2021). Proses Matematisasi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. Edukreasi.

Resi, B. B. (2021). Proses Matematisasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. Edukreasi.

Resi, B. B., Mawar, M. K., & Ellissi, W. (2023). Pembelajaran Matematika Realistik Menurut Treffers Pada Materi Aritmetika Sosial. Research of Mathematics and Mathematics Education.

Shadiq, F. (2007). Penalaran atau Reasoning Mengapa Perlu Dipelajari Para Siswa di Sekolah? Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Soviawati, E. (2011, Agustus). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edisi Khusus.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Karaton Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora.

Downloads

Published

2024-03-14

How to Cite

Bernadus Bin Frans Resi, Selfiana Burahewen, & Mancelina Perada. (2024). Analisis Penalaran Siswa Kelas V SDK Lamawalang Pada Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 455–462. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/50

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.