Baamboozle untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 172 Jakarta
Keywords:
Media Pembelajaran Baamboozle, Hasil Belajar, KeaktifanAbstract
Penelitian ini berlatar belakang dari hasil belajar pada mata pelajaran IPS peserta didik masih belum maksimal. Nilai yang diperoleh sebagian besar peserta didik belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan media pembelajaran Baamboozle dalam keaktifan peserta didik Kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 172 Jakarta. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.5 berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data terdiri atas tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Baamboozle berhasil meningkatkan hasil keaktifan peserta didik. Hal ini terbukti dari persentase hasil belajar pada siklus satu sebesar 63.8% dengan rata-rata nilai 77 yang hasil keaktifan peserta didik menunjukan masih kurang aktif dalam bertanya. Kemudian meningkat pada siklus tiga dengan persentase 86.1% dengan rata-rata 83 yang hasil keaktifan peserta didik menunjukan persentase peserta didik yang aktif dan sangat aktif meningkat.
Downloads
References
Anitah, S. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. CV Budi Utama.
Iskandar, S., Sholihah, P., & Agnia, A. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Rahmi. (2022). Media Pembelajaran. Global Eksekutif Tekologi.
Sa’diyah, I., Savitri, A., & Febiola, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru SD/MI melalui Pelatihan Media Pembelajaran Edugames Berbasis Teknologi: Quizizz dan Baamboozle. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3).
Darsono. (2017). SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL.
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2285
Deandra, Ami, & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1).
Punaji. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 21.
Suci, & Harlinda. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 2.
Zuhdan. (2010). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF, KETERAMPILAN PROSES, KREATIVITAS SERTA MENERAPKAN KONSEP ILMIAH PESERTA DIDIK SMP. 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Naufal Dani, Dian Alfia Purwandari, Saipiatuddin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.