PENERAPAN SIKAP JUJUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF GONDANG WATUMALANG WONOSOBO

Authors

  • Putri Prastiwi Pendidikan Agama Islam, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Noor Aziz Pendidikan Agama Islam, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Pamungkas Stiya Mulyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Sains Al-Qur’an

Keywords:

sikap jujur, sekolah menengah pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana upaya guru preceptor MtsMa'arif Gondang Watumalang Wonosobo dalam menerapkan sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas VIII; 2) mengetahui bagaimana upaya penerapan sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas VIII di MtsMa'arif Gondang Watumalang Wonosobo; 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya penerapan sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas VIII di MtsMa'arif Gondang Watumalang Wonosobo. Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplorasi dimana jenis eksplorasinya adalah Penelitian Lapangan. Cara pengumpulan data menggunakan gaya wawancara, observasi dan atestasi. Cara analisis data yang digunakan adalah melalui proses reduksi data, donasi data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan sikap jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas VIII di MTsMa'arif Gondang Watumalang Wonosobo dapat berjalan cukup efektif karena cara guru preceptor dalam mendidik siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keringat yang dikeluarkan oleh guru mata kuliah, guru pendamping mata kuliah, guru kemahasiswaan dalam membina akhlak mulia melalui program akademi, baik berupa visi, amanat, tuntutan, maupun tata tertib akademi, dibiasakan melalui pembiasaan rutin ketika melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dan mujahidin bersama di pagi hari sebelum bimbingan belajar dan pembiasaan belajar dimulai. 2) Dalam pengintegrasian mata kuliah, pembiasaan belajar dilakukan dengan cara membiasakan penanaman akhlak mulia kepada siswa dengan memberikan contoh-contoh akhlak mulia dihadapan siswa. 3) Dalam pembiasaan akhlak mulia masih ditemukan kendala, guru pendamping masih menemukan siswa yang berbuat curang dan masih mengalami kesulitan dalam membina akhlak mulia ini menjadi siswa yang nakal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iis Islami Kartini, Tiara N Listiyawati, dan Tita Rosita. 2019. Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Mengalami Keluarga Broken Home,Jurnal Fokus vol.2 no.1.

Anggito Albi & Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ariyanto, Komang. 2023. Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak,Jurnal Ilmu Multidisiplin, vol.3, no.1.

Erika Nurkumalarini. 2020. Tinjauan Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga Yang Mengalami Perceraian (Broken Home) Di Sekolah Dasar Negeri Jemur Wonosari 1. School Education Journal, Vol. 10 No.

Fitri, Dia Elsa. 2021. Prilaku Belajar Siswa Broken Home Di Madrasah Aliyah Negeri 2. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arifin Zainal, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).

Ariyanto Komang, Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak,Jurnal Ilmu Multidisiplin, vol.3, no.1, (2023).

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Putri Prastiwi, Noor Aziz, & Pamungkas Stiya Mulyani. (2024). PENERAPAN SIKAP JUJUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF GONDANG WATUMALANG WONOSOBO. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4149–4154. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/540

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.