Mengimplementasikan Al-Qur’an dan Sunnah, Sebagai Pedoman terhadap Lingkungan Hidup yang Menyimpang dalam Memuliakan Allah SWT.

Authors

  • Anton PAI, FPIK, Universitas Garut
  • Salma Nabilah PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Neng Sifa Aliya Putri PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut,
  • Anita Hasanah PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Muhammad Wildan Al Azhari PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Muhammad Miftahul Barhoya PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut
  • Afiffah Fitria Hamdah PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut

Keywords:

Al-Qur’an, Sunnah, Implementasi

Abstract

Jurnal ini mengeksplorasi implementasi prinsip-prinsip Al-Qur'an dan Sunnah dalam memperbaiki perilaku manusia terhadap lingkungan hidup yang menyimpang, dengan tujuan memuliakan Allah SWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis teks-teks Al-Qur'an dan Hadis serta studi literatur terkait lingkungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan aplikasi yang benar terhadap ajaran agama dapat membawa perubahan positif dalam sikap dan tindakan manusia terhadap lingkungan. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana Al-Qur'an dan Sunnah seharusnya menjadi panduan bagi umat Islam dalam menjaga lingkungan hidup, sambil mengidentifikasi dan menghindari penyimpangan yang dapat muncul dalam upaya memuliakan Allah SWT. Kesimpulan kami menekankan pentingnya konsistensi dengan ajaran Islam yang murni dalam memperlakukan lingkungan hidup, sekaligus menghindari praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai-nilai agama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baru, Aliran, and A. Pendahuluan. 2012. “KONSEP PENYIMPANGAN AJARAN AGAMA DALAM v v Ahmad Rofii.” 13.

ismail yusuf. 2020. “Lingkungan Hidup Menurut Al-Qur’an.” Jurnal AL-Asas Vol.4, No.(1):5–6.

Karimah, Mia Fitriah El. 2023. “Rekonstruksi Terhadap Konsep Sunnah Dalam Pemikiran Muhammad Syahrur.” Al-Dhikra: Jurnal Studi Quran Dan Hadis 5(1):57–66.

Latif, Abdul. 2017. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Utama.” Hukum Dan Keadilan 4:62–74.

Mardiyantoro, Nahar. 2019. “Metodologi Penelitian.” Elearning FASTIKOM 1–18.

Nafiah, N. 2022. “Implementasi Living Sunnah Dalam Pembentukan Karakter Santri Melalui Kajian Kitab Bulughul Marram Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Balung Tahun 2022.”

Rodin, D. (2017). Alquran dan konservasi lingkungan: telaah ayat-ayat ekologis. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 391-410.

Soleh Ritonga, Muhammad. 2016. “Cara Mengimplementasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Kehidupan.” Muhammad Soleh Ritonga Jurnal Al-Ashriyyah 2(01):97–116.

Wahyudin, Ustadz. 2017. “Penyimpangan Aqidah Dan Cara Cara Penanggulangannya.” Muhammadiyah Jawa Tengah.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Anton, Salma Nabilah, Neng Sifa Aliya Putri, Anita Hasanah, Muhammad Wildan Al Azhari, Muhammad Miftahul Barhoya, & Afiffah Fitria Hamdah. (2024). Mengimplementasikan Al-Qur’an dan Sunnah, Sebagai Pedoman terhadap Lingkungan Hidup yang Menyimpang dalam Memuliakan Allah SWT. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 496–501. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/62

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.