PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 44/1 PADANG KELAPO KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANGHARI

Authors

  • Elmina Fitri Universitas Graha Karya Muara Bulian
  • Edang Safitri Universitas Graha Karya Muara Bulian

Keywords:

Peran Guru, Pengelolaan Kelas

Abstract

Mengajar pada prinsipnya membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha pengorganisasian lingkungan dalam hubungan nya dengan anak didik dan bahan pengajar yang menimbulkan proses belajar. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan persyaratan mutlak bagi terjadi nya proses belajar mengajar. Gambaran Umum Kondisi kelas di SD Negeri 44/1 Padang kelapo kecamatan maro sebo ulu kabupaten batang hari masih kurang kondusif, dimana masih banyak nya siswa yang kurang memperhatikan materi pelajaran serta bermain-main pada saat pelajaran di mulai, sehingga guru sulit untuk memulai pelajaran Hal ini terjadi dikarnakan kurang nya manajmen guru dalam pengelolaan kelas.  Untuk pengumpulan data peneliti mengunakan data observasi, wawancara, dokumentsi. Dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis domain, taksnomi, kompensial, kompari konstan, tema budaya. Dan matriks metodelogi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang nya sarana dan prasarana yang mendukung untuk memotivasi belajar siswa, salah satu kendala yang dihadapi guru adalah sosial yang membuat peserta didik kurang disiplin dalam memulai pelajaran. Agar tercipta suasana kelas yang baik harus didukung oleh berbagai fasilitas belajar yang menyenangkan, sarana dan prasarana dalam kelas, pengaturan lingkungan, dan yang paling penting adalah guru sebagai pengelola kelas harus mempunyai penampilan dan sikap yang baik, Sehingga menciptakan hubungan yang harmonis antara peserta didik dengan guru dan antara peserta didik itu sendiri, pengelolaan kelas yang baik oleh guru akan menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan membangkitkan semanagat dan menumbuhkan aktivitas serta kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 44/1 Padang kelapo kecamatan maro sebo ulu kabupaten batang hari. Penelitian ini dilakukan melalui rancangan penelitian, subjek penelitian, tempat dan waktu, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengembangkan pelajaran serta keterampilan dalam mengelola kelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran di SD Negeri 44/1 Padang kelapo kecamatan maro sebo ulu kabupaten batang hari. Dimana dengan pengelolaan kelas yang baik dapat merangsang minat belajar siswa serta memberikan rasa aman dan kepuasan dalam mencapai tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2009. Buku Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi/PTK. Universitas Jambi. Jambi.

Anonim. 2011. Buku Panduan Penulisan Skripsi. Universitas Jambi. Jambi.

Anonim.1994. Kamus Besar Indonesia.Ed. 2. Balai Pustaka. Jakarta.

Arikunto, S. dkk. 2006. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Ahmad. 2004. Strategi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Djamarah.S.B. 2006. Psikologi Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Fathurrohman, dkk. 2007. Prosedur Penelitian. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Faisal. 1990. dalam Skripsi Nurjanah. 2006. Motivasi Orang tua dalam Pendidikan anak di Desa padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu. Fakultas Tarbiyah. IAIN STS Jambi.

Hadi. 1998. dalam Skripsi Nurjanah. 2006. Motivasi Orang tua dalam Pendidikan anak di Desa padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu. Fakultas Tarbiyah. IAIN STS Jambi.

Lucchiana. 2012. Peran guru dalam pengelolaan kelas Diakses dari (http://www.academia.edu/blogspot.com) Pada taanggal 12 maret 2014.

Margono. 2003. dalam Skripsi Nurjanah. 2006. Motivasi Orang tua dalam Pendidikan anak di Desa padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu. Fakultas Tarbiyah. IAIN STS Jambi.

Padmono. 2011. Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Ilmu Pengetahuan. (Online), (hhttp://www.malang.ac.id.) di akses 07 Februari 2014.

Pidarta. M. 1989. Pengelolaan Kelas.Usaha Nasional. Surabaya.

Yin Robert K. 2003. Studi Kasus desain dan metode. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Satori. 2008. Prosedur penelitian PT Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2009. dalam Skripsi Nurjanah. 2006. Motivasi Orang tua dalam Pendidikan anak di Desa padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu. Fakultas Tarbiyah. IAIN STS Jambi.

Sukmadinata. Nana.S. 2010. dalam Skripsi Nurjanah. 2006. Motivasi Orang tua dalam Pendidikan anak di Desa padang Kelapo Kecamatan Maro Sebo Ulu. Fakultas Tarbiyah. IAIN STS Jambi.

Suparta, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Winataputra. U. S. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif. Bina Karya. Jakarta

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Elmina Fitri, & Edang Safitri. (2024). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 44/1 PADANG KELAPO KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANGHARI. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4746–4755. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/701

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.