PENGEMBANGAN PERMAINAN PLAYMATE BERBASIS WISATA MOJOKERTO UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA BALONGMASIN MOJOKERTO

Authors

  • Choirun Nissyak PIAUD, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim
  • Dwi Bhakti Indri M PIAUD, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim

Keywords:

Playmate, Wisata, Bilangan, Anak Usia Dini dan Mojokerto

Abstract

Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini menjadi dasar pengembangan kemampuan matematika. Minimnya media pembelajaran konsep bilangan anak usia dini saat ini masih jarang yang melibatkan unsur wisata lokal. Hal serupa juga terjadi di TK Dharma Wanita Balongmasin Mojokerto yang dimana terdapat keterbatasan media dan kurangnya ketertarikan anak dalam belajar. Penelitian ini akan mengkaji secara komprehensif yaitu, 1) Bagaimana pembuatan permainan Playmate berbasis wisata Mojokerto untuk pembelajaran konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Balongmasin Mojokerto, 2) Bagaimana mengembangkan permainan Playmate berbasis wisata Mojokerto yang layak untuk pembelajaran konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Balongmasin Mojokerto. Sedangkan tujuan untuk mengembangkan permainan Playmate berbasis wisata Mojokerto untuk anak usia dini adalah untuk mengetahui pembuatan media Playmate berbasis wisata Mojokerto untuk pembelajaran konsep bilangan 1-10 dan untuk mengembangkan media Playmate berbasis wisata Mojokerto yang layak dalam pembelajaran konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Balongmasin Mojokerto.

Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan praktisi wisata. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pada hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 98,3% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan dari ahli media mendapatkan persentase 73,2% dengan katergori “sangat layak”. Hasil uji validasi dari ketiga praktisi pendidikan guru PAUD yaitu pada praktisi pendidikan guru PAUD I memperoleh persentase 94,2% dengan katergori “sangat layak”, pada praktisi pendidikan guru PAUD II persentase 96,1% dengan katergori “sangat layak”, sedangkan praktisi pendidikan guru PAUD III memperoleh persentase 98% dengan katergori “sangat layak”. Hasil uji validasi dari praktisi wisata memperoleh persentase 81,8% dengan katergori “sangat layak”. Sehingga, permainan Playmate berbasis wisata Mojokerto sudah memenuhi syarat dan kesesuaian permainan untuk anak usia dini serta dapat digunakan untuk pembelajaran konsep bilangan pada peserta didik kelompok A2 di TK Dharma Wanita Balongmasin Mojokerto.

Kata Kunci : Playmate, Wisata, Bilangan, Anak Usia Dini dan Mojokerto

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, Luluk. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Balkis, Rena Regina, dan Nur Ika Sari Rakhmawati. “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal PAUD Teratai 8, no. 2 (2019).

Devi, Ni Made Intan Asri. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28262.

Dkk, Amala. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Fauzia, Wulan. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Sigi: CV. Feniks Muda Sejahtera, 2023.

Fitria, Loeziana Uce, dan Zikra Hayati. “Penggunaan Media Papan Raba Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Alifba 1 Iskandar Muda Banda Aceh.” Jurnal Ar-Raniry, 2019, 1–23. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/6383/3867.

Halamury, F Mercy. Buku Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Maluku: Academia Publication, n.d.

Hasan, Muhammad, Nur Utomo Bayu Aji, Margiyono Suyitno, dan Siti Sulistyani Pamuji. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Banten: PT. Sada Kurnia Pustaka, 2023.

Hidayatullah, Tri Nanda, dan Usman. “Pengelolaan Media Pembelajaran Wisata Alam Untuk Mengembangkan Mutu Pembelajaran di TK Sekolah Alam 84 Excellentia Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.” El Thoufoul 1, no. 1 (2020).

Permendikbud, “Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini” (2014)

Rohman, Syailir, Dwi Nurhayati Adhani, dan Eka Oktavianingsih. “Pengembangan Media ‘Kameta’ (Karpet Matematika Modifikasi Egrang Tempurung Kelapa) Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Golden Age, UNiversitas Hamzanwadi 5, no. 02 (2021).

Safira, Ajeng Rizki, dan Ayunda Sayyidatul Ifadah. Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Commonication, 2020.

Safitri, Ockti, Rohita, dan Nila Fitria. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4- 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa.” Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 3, no. 4 (2018). https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277.

Saripudin, Aip. Model Edutaiment Dalam Pembelajaran PAUD. Surabaya: PT. Raja Grafindo Persada, 2021.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan(kuantitatif, kualitatif,R&D) (Bandung: Alfabeta, 2018).

Suryana, Dadang. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media, 2016.

Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Syafdaningsih dan Febriyanti Utami, Pelajaran Matematika Anak Usia Dini (Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020).

Tersiana, Andra. Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2018.

Windayani, Ni Luh Ika, N W R Dewi, S Yuliantini, N P Widyasanti, I K S Ariyana, Y B Keban, K T Mahartini, N Dafiq, P E S Ayu, dan others. Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Choirun Nissyak, & Dwi Bhakti Indri M. (2024). PENGEMBANGAN PERMAINAN PLAYMATE BERBASIS WISATA MOJOKERTO UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA BALONGMASIN MOJOKERTO. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 4937–4950. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/760

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.