Analisis Strategi Guru Dalam Persiapan AKM Siswa Kelas V Di Min 2 Mojokerto

Analysis of Teacher Strategies in Preparing AKM Class V Students in Min 2 Mojokerto

Authors

  • Defi Nurul Fajri PGMI, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim
  • Benny Angga Permadi PGMI, Tarbiyah, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim

Keywords:

Strategi, AKM, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan evaluasi yang menilai kemampuan dasar siswa untuk mengembangkan potensi dirinya dan berkontribusi kepada masyarakat. AKM bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan penalaran sesuai standar internasional, agar peserta didik menjadi kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman di abad XXI. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi guru dalam mempersiapkan siswa menghadapi AKM di MIN 2 Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru kelas dalam penyusunan AKM, serta faktor pendukung dan penghambat penyusunan AKM di MIN 2 Mojokerto. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian di MIN 2 Mojokerto menunjukkan bahwa: (1) Guru menerapkan beberapa strategi dalam mempersiapkan siswa kelas V menghadapi AKM, antara lain penggunaan media modul AKM, program bimbingan belajar AKM, mengaitkan materi pembelajaran tematik dengan AKM, penyediaan berbagai buku bacaan di perpustakaan dan pojok literasi, serta melaksanakan simulasi ujian AKM. (2) Faktor pendukung persiapan AKM di MIN 2 Mojokerto antara lain fasilitas penunjang seperti buku modul AKM, komputer, jaringan internet, dan lain-lain. Namun ada juga faktor penghambatnya, seperti kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal khusus yang memerlukan bimbingan ekstra dari guru. Selain itu, beberapa siswa mungkin merasa bosan ketika mengikuti pelajaran tambahan AKM di siang hari, sehingga guru memberikan waktu istirahat sebelum pelajaran AKM. Kendala pada latihan simulasi AKM juga terdapat terkait permasalahan internet.

Kata Kunci : Strategi, AKM, Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarti, Indah Slamet. Asesmen Kompetensi Minimum Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2020.

Dimyati, Azima. Pengembangan Profesi Guru. Lampung: CV Gre Publishing., 2019.

Ekowati, Dyah Worowirastri dan Beti Istanti Suwandayani. Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2019. 2.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Hidayah, Ratna dkk. Critical Thinking Skill: Konsep Dan Indikator Penelitian. Universitas Sebelas Maret Surakarta: 2017.

Hidayat, Rahmat MA., dan Abdillah. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI, 2019.

Hikmah, Nur, Isti Hidayah, Dkk. Persepsi dan Kesiapan Guru Dalam Menghadapi asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminto Journal Of Primary Education vol. 4, no. 1, April 2021.

Iman, Nur dan Nasir Usman, Dkk. Implementasi Kebijakkan Sekolah dasar Dalam Menghadapi Asesmen Kompetisi Minimum. Journal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan Vol. 6, No.2. Februari 2020.

Indrianti, Mirna dan Annisa Trihidayati. SIAP AKM. Bogor: Pustaka Andromedia, 2020.

Juniantoro, Shandy. Literasi Digital Dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Jakarta: Penerbit NEM, 2021.

Kartina. Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Kelas V Dalam Mengikuti Ujian AKM di SD Negeri 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh: 2022.

Kawasati, Risky dan Iryana. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif’: Problemas Del Desarrollo. Revista Latinoamericana de Economía, 21. 58.1990.99–104. Diakses pada Rabu, 15 November 2023 melalui https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manualeuropean-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Kemendikbud. Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen Pembelajaran, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, 2020.

Kemendikbud. Enam Komponen Literasi Dasar. Kemendikbud, 2023. Diakses pada Kamis, 26 Oktober 2023 melalui

https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/enam-komponen-literasi-dasar

Kemendikbud. Gerakan Literasi Sekolah. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, 2018.

Kemendikbud. Sekolah Dasar yang Belum Mengikuti Asesmen Nasional, Wajib Mengikuti Susulan. Direktorat Sekolah Dasar: 2022. Diakses pada Rabu, 8 November 2023 melalui

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/sekolah-dasar-yang-belum-mengikuti-asesmen-nasional-wajib-mengikuti-susulan

Kuncahyono, K. Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. 2017.

Meriana, Tju dan Erni Murniarti. Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum”, (Jurnal Dinamika Pendidikan. vol. 14, no. 2, juli 2021.

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2019.

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2002.

Observasi Proses Persiapan AKM dan Kegiatan Literasi Numerasi. MIN 2 Mojokerto, Pada 13 September 2023.

Perdana, Ryzal dan Meidawati Suswandari. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik. Mathematic Education Journal, Vol. 3 No. 1, Mei 2021.

Rahman, Ade, Fadhilah Syam, Dkk. Asesmen Kompetisi Minimum Merdeka Belajar Ditinjau Dari Perspektif Guru Sekolah Dasar. Journal mahaesacenter Vol.1, No.1, Desember 2021.

Rahman, H., I. Wicaksono, A. G., dan Hanafi, M. F. Pelatihan Pembuatan Soal Literasi Membaca dan Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru SD Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Jumapolo. 7(3), (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2022.

Rohim, Dhina Cahya. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa. Surakarta: 2021.

Rozaq, Abdul. Wawancara Guru Kelas V D. MIN 2 Mojokerto, 11 Oktober 2023.

S., Rahmat, P. Penelitian Kualitatif. Equilibrium 5(9), 2009.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berorientasi Asesmen zkompetensi Minimum (AKM). Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Pernadamedia Group, 2016. 19.

Silvana, H., dan Darmawan, C. Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di kota bandung. Pedagogia. 16(2). 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulastini, Rita and Sri Handajani, Asesmen Kompetensi Minimal ( AKM ) Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif Di SMP Negeri 1 Kebumen Kabupaten Kebumen Perspektif Manajemen Kurikulum Dan Sistem Penilaian. Kebumen: 2022.

Sutrisna, I. P. G. Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid19”, (Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni. 8(2). 2020.

Suzana, Yenny dan Imam Jayanto. Teori Belajar & Pembelajar. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Syaifuddin, Ahmad. Komunikasi Simpang Siur Pada Asesmen Nasional : Kusus Literasi Dan Numernasi Di Tingkat Dasar. SDN Jeli: 2022

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Defi Nurul Fajri, & Benny Angga Permadi. (2024). Analisis Strategi Guru Dalam Persiapan AKM Siswa Kelas V Di Min 2 Mojokerto: Analysis of Teacher Strategies in Preparing AKM Class V Students in Min 2 Mojokerto. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 4970–4980. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/772

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.