Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMA Negeri 1 Tegalombo

Authors

  • Inganatul Khasanah STAINU Pacitan

Keywords:

Pelayanan Perpustakaan, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca siswa yang sangat memprihatinkan saat ini. Minat baca siswa yang rendah berimplikasi pada kualitas lulusan. Sebagai upaya inovatif atas masalah rendahnya minat baca siswa, SMA Negeri 1 Tegalombo sebagai satu-satunya sekolah tingkat menengah di Kecamatan Tegalombo Pacitan berinisiatif meningkatkannya melalui peningkatan pelayanan perpustakaan. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai, sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mengarah para upaya pencapaian tujuan yang telah dicanangkan. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis kebijakan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa; 2) menganalisis pelaksanaan kebijakan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca; dan 3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kebijakan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa terhadap minat baca siswa di SMA Negeri 1 Tegalombo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data penelitian melalui observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya yang dilakukan SMA Negeri 1 Tegalombo untuk meningkatkan minat baca siswanya adalah melalui berbagai kebijakan, di antaranya dengan melakukan promosi perpustakaan, melakukan kerjasama dengan guru mata pelajaran, reading time, pojok baca, serta perpustakaan online (Inside Lan). Dengan adanya berbagai kebijakan tersebut, minat baca siswa semakin terlihat mengalami peningkatan. Minat baca itu pada dasarnya timbul dari hati nurani dari masing-masing individu. Akan tetapi, untuk memunculkan kesadaran tersebut sangat perlu bantuan dan motivasi dari berbagai pihak internal maupun eksternal. (2) Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan minat baca siswa SMA Negeri 1 Tegalombo melaksanakan kebijakan-kebijakan, Pertama, dalam melakukan promosi perpustakaannya menggunakan berbagai metode dan cara, agar dapat menarik siswa. Kedua, Kerjasama dengan guru mata pelajaran. Ketiga, (Pojok Baca) Sekolah menyediakan fasilitas berupa tempat-tempat baca di beberapa sudut sekolah. Keempat, Reading Time. Kelima, Perpustakaan online (Inside Lan). (3) Kebijakan layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Tegalombo, dipengaruhi oleh berupa faktor pendukung dan penghambat baik secara Internalnya maupun eksternal.

Kata Kunci : Pelayanan Perpustakaan, Minat Baca

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amidasti, Desi dan Triyono, Aris. Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2020.

Bogdan , Robert C. & Taylor, S.J. Introduction to Qualitative Research Methods, New York: John Wiley, 1975.

Bogdan, Robert C. dan Biklen, Qualitative Research for Education; An introduction to theory and methods, Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.

Dwijati, Siti. Upaya Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga, 1 (2), (2006), pp. 16-20. ISSN 977 2356 140594. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58952.

https://www.smantegalombo.sch.id/sejarah

Indramayana A, Dian. Minat Baca Siswa di SD Negeri 6 Batu Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015.

Isnawati, Nur. Konsep Layanan Informasi, real_isna, 22 October 2016, https://isnareal.wordpress.com/2016/10/22/konsep-layanan-informasi/

Istiana, Purwani. Layanan Perpustakaan, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014.

Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Utami, Pri dan Bakhtaruddin Nst., Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDIT Iqra’ Kota Solok. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Negeri Padang. Vol 1, No 1 (2012): Seri D.https://doi.org/10.24036/1507-0934

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Inganatul Khasanah. (2024). Pelayanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMA Negeri 1 Tegalombo. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 551–562. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/81

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.