EFEKTIVITAS METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B RA PUTRA HARAPAN GONDANG

Authors

  • Nurul Amaliyah PIAUD, Fakultas Tarbiyah, Universitas KH. Abdul Chalim
  • Dwi Bhakti Indri PIAUD, Fakultas Tarbiyah, Universitas KH. Abdul Chalim

Keywords:

Metode Proyek, Ecoprint, Kreativitas

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam mengembangkan imajinasi untuk menemukan suatu hal yang menakjubkan yang belum terfikirkan sebelumnya, namun tidak harus dari hal baru, ada juga yang berasal dari ide lama namun di kembangkan lagi sehingga menciptakan hal yang baru, pada kreativitas anak perlu dikembangkan dan ditingkatkan sejak dini, hal ini di dorong dengan pemberian metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Maka dari itu peneliti menggunakan metode proyek untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan ecoprint. Tujuan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh efektivitas metode proyek melalui kegiatan ecoprint untuk meningkatkan kreativitas anak di kelompok B RA Putra Harapan Gondang. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test pada kelas yang sengaja dijadikan sampel. Kemudian untuk mengetahui ke efektivannya dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pemberian metode proyek melalui kegiatan ecoprint memberikan pengaruh efektivitas pada peningkatan kreativitas anak di kelompok B di RA Putra Harapan Gondang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arika. Siti Munawarah. Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, Vol. 6, No. 2, 2023.

Daradjat, Zakiah. dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Debeturu, Balandina. Lanny Wijayaningsih. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, 2019.

Hidayatullah, Syarif. DKK. Metodologi Penelitian Pariwisata. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Inayah, Indah Nurul. Penggunaan Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak pada TK Tarbiyatul Athfal 02 Sinanggul Mlonggo Jepara. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. Vol. 1, No. 1. 2022.

Moeslichatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta: Jakarta, 2004.

Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Ni’mah, Roudlatotun. Farida Isroni. Upaya Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Loose Part. Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara. Vol. 8, No. 1 Januari- Juni 2020.

Putri, Syarifah Wilda Dwi. Heldanita. Welli Marlisa. Zuhairansyah Arifin. Nurhayati. Sariah. Dewi Sri Suryanti. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lecture: Journal of Early Childhood Education, 2023.

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2010.

Safitri, Dewi. Anik Lestariningrum. Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.2, No. 1, 2021.

Safitri, Nuris Firdiana. Baik Nilawani Astini. Ni Luh Putu Nina Sriwarthini. Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Imiah Profesi Pendidikan. Vol. 8, No. 1, 2023.

Safitri, Nuris Firdiana. Baik Nilawani Astini. Ni Luh Putu Nina Sriwarthini. Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Imiah Profesi Pendidikan. Vol. 8, No. 1, 2023.

Sarwono, Jonathan. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

Sunarti. Pengaruh Penerapan Metode Proyek Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Kreativitasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tanrara Kec. Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar, 2023.

Supriyadi. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Evaluasi. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2020.

Suyadi & Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Nurul Amaliyah, & Dwi Bhakti Indri. (2024). EFEKTIVITAS METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B RA PUTRA HARAPAN GONDANG. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5201–5212. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/813

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.