PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA BPKAD KOTA SORONG

Authors

  • Maria Apriyane Patty Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial & Keguruan, Universitas Nani Bili Nusantara

Keywords:

Standar Akuntansi Pemerintahan, Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Sorong. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data adalah dengan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang berada di Kota Sorong. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu responden merupakan unsur kepala dan staf yang bekerja di kantor BPKAD Kota Sorong yang mempunyai pengalaman kerja minimal 1 tahun. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS Statistics 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar akuntansi pemerintahan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan.2023."BPK Perwakilan Provinsi Daerah Papua Barat Serahkan LHP LKPD Pada Kabupaten/Kota Se-Papua Barat."

Chandra, A.F.2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Desianawati, K., N.T, Herawati, dan N. K, Sinarwati. 2014. Pengaruh Kompetensi SDM, Penerapan SAP, dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah.‖ e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha 2 No 1.

Dunia, F. A. 2005. Ikhtisar Lengkap Pengantar Akuntansi. Jakarta : Lembaga Penerbit Universitas Indonesia

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19(Edisi Kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hutapea, T. 2008. Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Indriasari, D dan Ertambang, N. 2008. Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengandalian Interen Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir).‖ Simposium Nasional Akuntansi IX. Pontianak

Mahaputra, I P.U dan Putra,I.W. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah.‖ E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8 (2): 230–244.

Mahmudi. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: UII Press.

Mardiasmo. 2005. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

———. 2006. “Perwujudan Transparasi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Governace.” Jurnal 2: 1–17.

Nugraheni, Purwaniati, dan Subaweh,I. 2008. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kualitas Laporan keuangan.‖Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 13(1).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.www.djpk.depkeu.go.id.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 102 Tahun 2000 Tentang Standariasi Nasional. http://itjen.kemenperin.go.id/itjen/peraturan/PP_NO_102_2000.PDF. (diakses 15 Januari 2018).

Rosalin, F. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keandalan dan Timeliness Pelaporan keuangan Badan Layanan Umum Pada BLU di Kota Semarang.‖ Skripsi.Universitas Diponegoro.

Sudiarianti, N.M. 2015. Pengaruh Kompetensi Sumber Datya Manusia Pada Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pmerintah dan Satndar Akuntansi Pmerintah Serta Implikasinya Pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.‖ Thesis.Universitas Udayana.

Sukmaningrum, T. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.‖ Skripsi.Universitas Diponegoro.

Suwarjono. 2014. Teori Akuntasi. Ketiga. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Winidyaningrum dan Rahmawati. 2009. Pengaruh Sumber Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keterandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Variabel Intervening Pengendalian Intern Akuntansi.‖ Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto Vol 18 No 1

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Maria Apriyane Patty. (2024). PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA BPKAD KOTA SORONG. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5462–5470. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/878

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.