WORKSHOP DAUR ULANG SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN DI DESA SAMBIROBYONG, MAGETAN

Authors

  • Yusana Sasanti Dadtun Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Rengga Setya Marliansyah Universitas Sebelas Maret
  • Yuyun Rahayu Universitas Sebelas Maret
  • Fira Amalia Sholihah Universitas Sebelas Maret
  • Syakira Putri Kirana Universitas Sebelas Maret
  • Ayu Pramudita Universitas Sebelas Maret
  • Tiara Fadjar Ratna Puspa Universitas Sebelas Maret
  • Siti Nuraziza Universitas Sebelas Maret
  • Nabila Fatharani Usmana Universitas Sebelas Maret
  • Aristri Rahma Magistra Universitas Sebelas Maret
  • Mirza Aulia Ramadhan Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Desa Sambirobyong, Daur Ulang, Sampah

Abstract

Desa Sambirobyong merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan dengan total masyarakat mencapai 1.707 jiwa. Lingkungan sehat dan bersih merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah desa. Sampah rumah tangga yang dihasilkan di setiap rumah berkisar 2,5 kg per hari yang terdiri dari sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik seperti plastik dan kain bekas dapat diubah menjadi produk kerajinan ecobrick yang dibentuk menjadi produk yang bernilai tinggi seperti sofa dan meja. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasasiwa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Sebelas Maret melakukan observasi dan wawancara mengenai masalah yang dihadapi di Desa Sambirobyong, kemudian membuat sebuah program kerja. Program kerja KKNT UNS dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi pengelolaan sampah yang baik dan benar dan workshop daur ulang sampah anorganik menjadi sofa dan meja dari ecobrick. Program ini bertujuan menambah wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar, menciptakan desa yang bersih serta mendapat keuntungan dari daur ulang sampah. Program pengabdian masyarakat yang dikemas dalam kegiatan KKNT ini diharapkan memberikan kesempatan pada mahasiswa KKNT Universitas Sebelas Maret untuk menerapkan dan memberikan ilmu pada masyarakat Desa Sambirobyong untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan desa yang bersih dan sehat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto, B.M. 2011. Model Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dan Penguatan Sinergi Dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(2), 239-256.

Joko Suyanto (2010). Judul, Gender dan Sosialisasi. Jakarta. Nobel Edu media.

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat.

Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220-233.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Mutiara, S., Laila, S.N., & Azima, M.F. (2021). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Pada Ibu-Ibu Pengajian Desa Danau Kabupaten Pringsewu. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 308-311.https://doi.org/10.224198/kumawula.v4i.33898.

Puspitawati,Yuni., & Rahdriawan. Mardwi. (2012). Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Jurnal Pembangungan Wilayah & Kota. Biro Penerbit Planologi Undip. Vol. 8(4): 349-359.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Taufiq, Agus., & Maulana, Muhammad Fajar. (2015). Sosialisasi Sampah Organik Sampah Organik dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Universitas Islam Indonesia, Vol. 4, 68-73.

Trisnawati, O.R., & Khasanah, N. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Sampah dengan Konsep 3R dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi. Vol. 4(2). 153-168. 2020.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Yusana Sasanti Dadtun, Muhammad Rengga Setya Marliansyah, Yuyun Rahayu, Fira Amalia Sholihah, Syakira Putri Kirana, Ayu Pramudita, … Mirza Aulia Ramadhan. (2024). WORKSHOP DAUR ULANG SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN DI DESA SAMBIROBYONG, MAGETAN. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5529–5539. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/897

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.