PERAN PENGAWAS MADRASAH DI MAN 2 KOTA MAKASSAR

Authors

  • Arianto Irwan Universitas Negeri Makassar
  • Sumarlin Mus Universitas Negeri Makassar
  • Wahira Wahira Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Peran, pengawasan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peran Pengawas Madrasah di MAN 2 Kota Makassar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari Peran Pengawas dalam Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yakni deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengawas, Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a). Perencananaan Pendampingan satuan Pendidikan di MAN 2 Kota Makassar dimana Pengawas sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan sehingga tercapai sekolah yang efektif berperan sebagai fasilitator dalam proses perencanaan pendampingan bersama kepala madrasah dan warga sekolah. Mereka memastikan bahwa aspek-aspek kearifan lokal dan budaya madrasah menjadi pertimbangan dalam penyusunan rencana pendampingan. pengawas menerapkan strategi perubahan berkelanjutan dengan mengunakan metode fasilitasi, b).Pendampingan terhadap perencanaan program satuan Pendidikan melakukan monitoring dalam mengawasi dan melakukan rapat dalam mengevaluasi perencanaan program pendidikan di MAN 2 Makassar Pengawas bersama Kementrian Agama memberikan dukungan langsung seperti penyediaan materi, fasilitas, dan pelatihan, c).Pendampingan Terhadap Pelaksanaan Program Satuan Pendidikan Pengawas memiliki peran penting dalam memberikan arahan dan dukungan kepada kepala madrasah.Selain itu, kepala madrasah juga melibatkan diri dalam evaluasi diri madrasah dan melakukan briefing berkala, termasuk evaluasi bulanan, semester, dan tahunan berupa FGD (Focus Group Discussion).pengawas menyusun metode pendampingan dengan melihat komponen – komponen administrasi pembelajaran informasi mengenai capaian pelaksanaan program satuan pendidikan tidak langsung disampaikan kepada warga sekolah, melainkan melalui prosedur yang sistematis yang dipimpin oleh pengawas, d)Pelaporan pendampingan yang dilakukan oleh pengawas bahwa pengawas melaporkan pelaporan pendampingan langsung kepada kepala kantor kemenag sesudah melaksanakan evaluasi supervisi administrasi perencanaan pembelajaran dan supervisi administrasi penilaian, pengawas juga melakukan pemanfaatan untuk menyusun program periode berikutnya dengan melakukan evaluasi.

 

Kata Kunci : Peran Pengawas, Pengawas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, N. (2014). Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Bungin, B., & Moleong, L. J. A. (n.d.). Jenis dan Pendekatan Penelitian. Proses Kerja Kbl Dalam Menjalankan Program Corporate Social Responsibility Di PT. Pelindo 1 (Persero) Cabang Pekanbaru Untuk, 33.

Dalanggo, H. (2019). Strategi Perencanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 5(4), 381–388.

Elfira, H. (2016). 済無No Title No Title No Title. 01(1), 1–23.

Elviya, D., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Peran Pengawas Sekolah Dalam Penilaian Kinerja Guru Di Sdn Sukowati Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 49–60.

Fattah, N. (2016). Landasan Manajemen Pendidikan. In Bandung: Remaja Rosdakarya (Vol. 53, Issue 9).

Hamzah, S. N. A. (2015). Mengenal Supervisi Manajerial dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 201–218.

Harleks, H. (2016). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah di SMA Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Universitas Negeri Makassar.

Kompri, M. P. (2015). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Jakarta: Ar-Ruz Media.

Kristiani, N. (2023). RENCANA KERJA PENGAWAS SEKOLAH AHLI UTAMA. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/babak-baru-peran-pengawas-sekolah-dalam-pendampingan-penguatan-perubahan-di-sekolah-binaan#:~:text=Babak baru tugas Pengawas Sekolah,dan pelaporan kinerja yang bersiklus.

Kristiawan, M., Yniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/3e6fw

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Musoffa, M. (2020). Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah (Studi terhadap Pengawasan Bidang Sarana Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak). UIN SMH BANTEN.

Nasional, D. P. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pendidikan, K. (2022). Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 185–195. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12660

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Jenderal, D., Dan, G., Kependidikan, T., Pendidikan, K., & Teknologi, D. A. N. (2023). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

PerMen, P. A. N., & No, R. B. (21 C.E.). Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.

Rahmah, S. (2018). Pengawas sekolah penentu kualitas pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).

Romdin, R. R. (2016a). Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Dasar Gugus 03 Kecamatan Tigaraksa. Jakarta: FITK UIN Jakarta.

Romdin, R. R. (2016b). Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Dasar Gugus 03 Kecamatan Tigaraksa.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam profesi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar & teknik supervisi pendidikan: dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Rineka Cipta.

Satori, D. (2016). Pengawasan dan penjaminan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2011). dkk, Buku Kerja Pengawas Sekolah. Cet. II.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Published

2024-09-03

How to Cite

Irwan, A., Sumarlin Mus, & Wahira, W. (2024). PERAN PENGAWAS MADRASAH DI MAN 2 KOTA MAKASSAR . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5560–5570. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/903

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.