PENGARUH USIA TERHADAP PREVALENSI HIPERTENSI DI DUSUN JEJERUK DESA CANDIREJO KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Sindy Saputri Universitas Sebelas Maret
  • Sindy Dwi Lestari Universitas Sebelas Maret
  • Roro Dyah Sekar Djatiningrum Universitas Sebelas Maret
  • Desti Nur Annisa Universitas Sebelas Maret
  • Ananda Tri Hapsari Universitas Sebelas Maret
  • Dhiah Dharmastuti Pinuji Universitas Sebelas Maret
  • Yoni Rohman Universitas Sebelas Maret
  • Temi Aldiansyah Universitas Sebelas Maret
  • Tyo Aulia Supriyanto Universitas Sebelas Maret
  • Imroatul Apriliana Universitas Sebelas Maret
  • Haryani Saptaningtyas Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Kesehatan

Abstract

Di Dusun Jejeruk, Desa Candirejo, Magetan sekitar 60% dari populasi lansia mengalami hipertensi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mencakup pola makan tinggi garam, aktivitas fisik yang rendah, serta kebiasaan merokok yang masih ditemukan pada sebagian penduduk lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia terhadap prevalensi hipertensi di Dusun Jejeruk Desa Candirejo Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitan ini sebanyak 40 responden yang diambil melalui pengukuran tekanan darah. Data dianalisis secara bivariat  dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian mendapatkan responden laki-laki sebanyak 10 orang (25%) dan perempuan sebanyak 30 orang (75%). hasil tertinggi dari total responden yang berusia 61-70 tahun sebanyak 21 orang, terdapat 18 orang yang mengalami hipertensi (45%) dan 3 orang memiliki tekanan darah normal (8%), dari total responden yang berusia 50-60 tahun sebanyak 10 orang mengalami hipertensi (100%), dan dari total responden yang berusia 71-80 tahun sebanyak 9 orang, terdapat 8 orang yang mengalami hipertensi (20%), dan hanya 1 orang yang memiliki tekanan darah normal (3%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel usia responden memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil tekanan darah..

Kata Kunci : Lansia, Hipertensi, Kesehatan Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 29 Agustus 2024.

Kristiawan, M. S., & Adiputra, I. N. (2019). Olahraga Senam Satria Nusantara, Olahraga Jalan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Lapangan Renon, Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(5).

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nuraeni, E. (2019). Hubungan Usia dan Jenis Kelamin Beresiko dengan Kejadian Hipertensi di Klinik X Kota Tangerang. Jurnal Jkft, 4(1), 1-6.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2016). Asuhan Keperawatan Praktis: Berdasarkan Penerapan Diagnosa Nanda, Nic, Noc dalam Berbagai Kasus. Yogyakarta: Penerbit Mediaction.

Sinubu, R. B., Rondonuwu, R., & Onibala, F. (2015). Hubungan beban kerja dengan kejadian hipertensi pada tenaga pengajar di SMA N 1 Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal keperawatan, 3(2).

Zhu, Q. O., Tan, C. S. G., Tan, H. L., Wong, R. G., Joshi, C. S., Cuttilan, R. A., … Tan, N. C. (2016). Orthostatic Hypotension: Prevalence and Associated Risk Factors Among the Ambulatory Elderly in an Asian Population. Singapore Medical Journal, 57(8), 444–451.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Sindy Saputri, Sindy Dwi Lestari, Roro Dyah Sekar Djatiningrum, Desti Nur Annisa, Ananda Tri Hapsari, Dhiah Dharmastuti Pinuji, … Haryani Saptaningtyas. (2024). PENGARUH USIA TERHADAP PREVALENSI HIPERTENSI DI DUSUN JEJERUK DESA CANDIREJO KABUPATEN MAGETAN . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5626–5631. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/919

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.