Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Yes or No untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Alisia Nurul Aini Wijanarko Bimbingan dan Konseling PPG Prajabatan G1 2024, UNESA
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling PPG Prajabatan G1 2024, UNESA
  • Indah Ayu Mardiningsih Bimbingan dan Konseling, SMPN 1 Taman

Keywords:

Motivasi belajar, bimbingan kelompok, strategi layanan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan permainan kartu yes or no dalam layanan bimbingan kelompok. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Taman tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai prosentase awal 55,83% naik menjadi 61,83%. Kemudian pada siklus ke II naik menjadi 70,99%. Peningkatan nilai yang terjadi di siklus I dan II mengindikasikan bahwa permainan kartu Yes Or No efektid meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilaksanakan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angreni, N. M. R., Suastini, N. W., & Subagia, I. P. A. (2024). Esensi Pendidikan Inspiratif Esensi Pendidikan Inspiratif. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(1), 205–226.

Abdurahman, akhi. 2009. Cara Praktis Mengatasi Perkembangan Anak. Bandung: Three Publishing

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamzah B.Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara

Jahju Hartini. (2022). Bimbingan Kelompok. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Juntika, N. (2017). Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. PT Refika Aditama.

Moekijat. 2002. Dasar-dasar Motivasi. Bandung : Pionir Jaya

Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar (teori, diagnosis, dan remediasinya). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Prayitno. 2004. Layanan Bimbinagn Kelompok Kon- seling Kelompok. Padang : Universitas Neg eri Padang.

Ryan, R.M., & Deci, E.L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68-78. doi:10.1037/0003-066X.55.1.68

Santoso, S. (2012). Jual Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. (2008). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sudarti, K. (2018). Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2483

Suwarjo, dan Imania E. 2010. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakar- ta: Paramita

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Yes or No untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. (2024). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 6065-6070. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/996

Similar Articles

1-10 of 417

You may also start an advanced similarity search for this article.