Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pasar Global

Authors

  • Dariz Radyananda Barus UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Joy Stevani Simangunsong Universitas Negeri Medan
  • Sinta Engelika Br Ginting Universitas Negeri Medan
  • Lenti Susana Saragih Universitas Negeri Medan

Keywords:

Teknologi Informasi, Media Sosial, Pemasaran Global

Abstract

Di era digital, kemajuan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk ekonomi dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pengaruh teknologi informasi, khususnya media sosial, terhadap strategi pemasaran global. Dengan metode kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini mengungkap bahwa digitalisasi ekonomi Indonesia telah mengubah model bisnis konvensional menjadi berbasis digital, memungkinkan pengurangan biaya operasional dan penyediaan layanan yang lebih baik. Teknologi informasi juga telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, memfasilitasi perdagangan lintas batas, dan memungkinkan kolaborasi global. Selain itu, teknologi informasi mempengaruhi perilaku konsumen dengan memudahkan akses informasi produk dan transaksi elektronik. Integrasi media sosial dalam strategi pemasaran global menjadi kunci kesuksesan perusahaan di pasar global yang dinamis. Namun, tantangan seperti keamanan data perlu diatasi. Secara keseluruhan, teknologi informasi memberikan peluang bagi perusahaan kecil dan menengah untuk bersaing di pasar global, meningkatkan efisiensi, inovasi, dan responsivitas terhadap kebutuhan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edy Aswandy, T. M. (2022). Analisa Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM. Jurnal STEI Ekonomi, 76-89.

Maharsi, S. (2000). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI. TERHADAP BIDANG AKUNTASIN MANAJEMEN. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 127-137.

Faiz Aqila Atanta Berampu, e. a. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi pada Media Sosial. Jurnal Pendidikam Tambusai, 31136-31140.

Global, A. S. (2021). Dhea Nita Syafina Rambe, Nuri Aslami. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 213-22.

Kusjuniati. (2022). UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 462=468.

Ridho Fachrozie, e. a. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Memasuki Pemasaran Global (Studi Kasus : MS Glow). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 213-222.

Simbolon, F. (2013). STRATEGI PEMASARAN GLOBAL DI PASAR INDONESIA. Binus Business Review, 405-413.

Yodi Pratama, e. a. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemsaran. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Barus, D. R., Simangunsong, J. S., Ginting, S. E. B., & Saragih, L. S. (2024). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pasar Global. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 495–500. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/459

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.