MENGANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL YANG ADA DI DESA BANDAR KUALA KECAMATAN BANGUN PURBA

Authors

  • Esra Silaban UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Vina Aulia Universitas Negeri Medan
  • Dhea Zuhrika Universitas Negeri Medan
  • Angelina Sipayung Universitas Negeri Medan

Keywords:

Potensi,Hasil,Sumber Daya Alam

Abstract

Dalam pengembangan wilayah, kawasan perdesaan harus dipandang sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan kawasan perkotaan. Pemahaman yang menyeluruh dan tidak dikotomis ini menjadi penting dan mendasar dalam penyusunan peraturan atau aturan main yang berkaitan dengan perdesaan maupun perkotaan, agar terjadi sinergi dan keseimbangan perlakuan wilayah, khususnya oleh pelaku pembangunan. Desa Bandar Kuala merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang yang menjadi contoh nyata dari potensi dan perubahan yang terjadi di pedesaan Indonesia. Desa-Desa di Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan manusia yang dapat menjadi fondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembagunan sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, E., & Asnidar, A. (2014). Analisis Perkembangan Desa Mburidi Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(1), 105-113.

Prabowo, S. E., Hamid, D., & Prasetya, A. (2016). Analisis partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata (studi pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 33(2).

Ritonga, S. 2015. Perkembangan Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3 (2), 116-126.

Soleh, A. 2017. Strategi Pengembangan Potensi Desa. Jurnal Sungkai, 5(1), 32-52.

Imam Shalahuddin, M., Mujio. & Yogie Syahbandar, M. Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Sumberdaya Lokal. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Silaban, E., Aulia, V., Zuhrika, D., & Sipayung, A. (2024). MENGANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL YANG ADA DI DESA BANDAR KUALA KECAMATAN BANGUN PURBA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 766–775. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/526

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.