IMPLEMENTASI NILAI SILA KE-5 PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KESENJANGAN SOSIAL DIDUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Julima Pepris Simanungkalit UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Ilham Ganda Munthe Universitas Negeri Medan
  • Maya Indah Sari Universitas Negeri Medan
  • Rahel July Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Shella Amanda Fazhar Universitas Negeri Medan
  • Tiara Lira Simanjorang Universitas Negeri Medan
  • Taufik Ramadhan Universitas Negeri Medan
  • Satya Rifa Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kesenjangan sosial, pendidikan

Abstract

Pancasila dipilih sebagai dasar negara karena memiliki tujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika telah menumbuhkan kesadaran nasional sebagai negara yang majemuk dan Bersatu. Masalah kesenjangan sosial sebenarnya sering ditemukan tanpa sengaja dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di bidang pendidikan ini terjadi karena kurangnya rasa kemanusiaan dan keadilan sosial yang tercantum dalam pancasila yang tidak diamalkan dengan baik. Dalam pembuatan artikel ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. Penelitian yang dikenal sebagai "deskriptif" digunakan untuk menggambarkan masalah yang sedang terjadi atau sedang berlangsung. Dengan metode kualitatif ini, penulis melakukan proses pengumpulan data mengenai Pancasila, implementasi sila-sila Pancasila, dan pencegahan kesenjangan sosial. Data dikumpulkan dari buku-buku referensi, jurnal ilmiah, dan artikel ilmiah. Kemudian data dipahami dan dideskripsikan untuk sampai pada kesimpulan. Sesuai pengamatan tim peneliti baik secara langsung maupun hasil mengamati terhadap penelitian- penelitian sebelumnya yang berhubungan, banyak ditemukan kesenjangan sosial. Bahkan di Indonesia sendiri kesenjangan sosial itu sangatlah tinggi persentasinya. Secara khusus dalam dunia pendidikan kesenjangan itu bukan hal yang baru lagi. Siswa dan mahasiswa membentuk komunitasnya masing-masing dengan menggabungkan kesamaan mereka dan tidak jarang melakukan deskriminasi terhadap sesuatu yang berbeda.Dalam penelitian ini dapat simpulkan bahwa banyak ditemukan kesenjangan sosial di Indonesia. Faktor yang memicu terjadinya kesenjangan di Indonesia yaitu rendahnya kualitas sarana sekolah, rendahnya kualitas guru, faktor infrastruktur, jumlah dan kualitas buku (referensi), ahalnya biaya pendidikan, tandarisasi Pendidikan yakni Sekolah Berstandar Nasional (SBN) dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), status Sosial-Ekonom. Dalam mengatasi permasalahan tersebut ditemukan tiga solusi yaitu Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memberlakukan keadilan, dan pemerataan pembangunan dalam ranah pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, P. A., Dinie, A. D. 2021. Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal Kewarganegaraan. Vol 5(1). 6-12.

Hidayat, A. 2017. Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan Sebagai Pengaruh Era Globalisasi.

Jurnal Justisi Hukum. Vol 2(1). 15-25.

Sari, R., Fatma, U. N. 2022. Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Harmony. Vol 7(1). 53-58.

Septiani, A., Fasa, M. I., Suharto. 2022. Mengatasi dan Menyikapi Kesenjangan Sosial dengan Menggunakan Penerapan Ekonomi Syariah. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. Vol 15(1). 140- 148.

Statistik, B. P. (2023, Desember 1). Ketimpangan Pendidikan Desa dan Kota Masih Tinggi, Penduduk Desa Didominasi Tamatan SD. Retrieved from GoodStats: https://data.goodstats.id/statistic/sarahjauhari/ketimpangan-pendidikan-desa-dan-kota-masih-tinggi-penduduk-desa-didominasi-tamatan-sd-raoZg

Syamsudin, A. (2024). Pancasila Sebagai Pondasi Awal Sistem Ketatanegaraan Indonesia. JOSH: Journal of Sharia, 3(01), 46-54.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Simanungkalit, J. P., Ilham Ganda Munthe, Maya Indah Sari, Rahel July Sihotang, Shella Amanda Fazhar, Tiara Lira Simanjorang, … Satya Rifa. (2024). IMPLEMENTASI NILAI SILA KE-5 PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KESENJANGAN SOSIAL DIDUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 793–801. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/532

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.