ETIKA BISNIS TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA PERUSAHAAN DAGANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS

Authors

  • Uus Suhendar Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno
  • Hudi Yusuf Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno

Keywords:

etika bisnis, hukum bisnis, kelangsungan usaha

Abstract

Etika bisnis berfungsi sebagai panduan yang melengkapi peraturan hukum yang ada. Hukum bisnis menyediakan kerangka kerja legal yang mengatur hubungan dan transaksi bisnis, sedangkan etika bisnis memberikan pedoman tentang bagaimana perusahaan seharusnya berperilaku dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Kombinasi antara kepatuhan hukum dan praktik etis diyakini dapat memberikan kontribusi positif terhadap kelangsungan usaha perusahaan dagang. Hukum bisnis di negara Indonesia telah ditegaskan sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) yang secara umum mengatur tentang kegiatan perdagangan, perniagaan, dan asuransi, serta mencakup ketentuan tentang perusahaan dan firma. Lebih dari itu, secara implisit etika bisnis diatur dalam juga di atur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan literature review. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan etika bisnis dipertimbangkan dalam kelangsungan usaha perusahaan dagang dalam konteks hukum bisnis. Hasil menunjukkan bahwasanya secara keseluruhan, etika bisnis, kelangsungan usaha, dan perkembangan hukum bisnis saling terkait erat. Penerapan etika bisnis yang kuat tidak hanya memperkuat fondasi internal perusahaan tetapi juga meningkatkan daya saing dan reputasi di pasar global. Dengan mengikuti regulasi yang ada dan terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis, perusahaan dagang dapat memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christianingrum, S. Pd, Et Al. Etika Bisnis. Cv Rey Media Grafika, 2024.

Darnia, Meriza Elpha, Et Al. Hukum Perjanjian Dalam Ekonomi Dan Bisnis Di Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2023, 2.6: 244-252.

Fachrudin, Achmad. Oligarki Demokrasi Dan Konglomerasi Media Massa. 2022.

Fauzi, Achmad, Et Al. Pengaruh Hak Kekayaan Intelektual, Etika Bisnis, Dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam E-Business. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2022, 2.3: 83-90.

Indrawanto, Setya. Merajut Keberlanjutan Usaha: Panduan Hukum Dagang Dan Bisnis. Pt Indonesia Delapan Kreasi Nusa, 2024.

Lah, Rr Amanna Dzikirallah, Et Al. Implikasi Hukum Bisnis Terhadap Praktik Etika Bisnis Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 2023, 19.2: 163-172.

Rachmadi Usman, S. H., Et Al. Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia. Sinar Grafika, 2022.

Rizkyani, Rachma. Tindak Pidana Intimidasi Di Internet (Cyberbullying) Sebagai Kejahatan Mayantara (Cybercrime). Journal Of Law (Jurnal Ilmu Hukum), 2021, 6.2: 436-452.

Simarmata, Indah Pratiwi Br. Hak Dan Kewajiban Pengusaha Dalam Perspektif Hukum Perusahaan Di Indonesia. Tugas Mahasiswa Fakultas Hukum, 2024, 1.2.

Sukma, Fanny Dewi; Ismail, Iriani. Evolusi Relevansi Etika Bisnis Dan Corporate Social Responsibility (Csr). Jurnal Lentera Bisnis, 2023, 12.3: 935-949.

Syofyan, Efrizal. Good Corporate Governance (Gcg). Unisma Press, 2021.

Yunita, Yunita; Lestari, Meydi. Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Tanpa Lebel Harga. Jurnal At-Tabayyun, 2022, 5.1: 22-41.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Uus Suhendar, & Hudi Yusuf. (2024). ETIKA BISNIS TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA PERUSAHAAN DAGANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1324–1336. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/657

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.