PENGARUH PROGRAM OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ernita Pasaribu Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Nadya Tesalonika Simbolon Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Natasya Ruth Putri Panjaitan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Nia Diana Situmorang Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Fajar Siddik Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Program Olahraga Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh program olahraga ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Pendidikan di tahap ini sangat penting dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak-anak, di mana olahraga berperan dalam pengembangan fisik dan mental. Program ekstrakurikuler olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan konsentrasi, motivasi belajar, dan kemampuan kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah observasi dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui studi literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam olahraga memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif. Namun, masih terdapat tantangan seperti kurangnya fasilitas dan dukungan yang memadai untuk program ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pendidikan di sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan kualitas program olahraga ekstrakurikuler untuk memaksimalkan manfaatnya bagi prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. O., Juliantika, Saputri, S. A., & Putri, S. R. (2023). (Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar). Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 86-96.

Fahira, H., Khairani, I. A., & Aisy, Z. I. (2023). (Pengaruh Rancangan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 252-260.

Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (t.thn.). (Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai - Nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 113-122.

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). (Upaya Pengembangan Bakat atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler). Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 230-243.

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). (Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga). Jurnal PKM Ilmu Kependidikan, 56-61.

Supriyadi, M. (2019). (Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Voli Pada Sekolah Dasar). Gelanggang Olahraga : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 108-115.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Ernita Pasaribu, Nadya Tesalonika Simbolon, Natasya Ruth Putri Panjaitan, Nia Diana Situmorang, & Fajar Siddik. (2024). PENGARUH PROGRAM OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6502–6508. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1092

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.