Manajemen Program Bina Pribadi Islami Dalam Meningkatkan Totalitas Beragama Siswa

Authors

  • Citra Apriliani Pendidikan Agama Islam, FPIK, Universitas Garut
  • Asep Tutun Usman Pendidikan Agama Islam, FPIK, Universitas Garut
  • Yufi Mohammad Nasrullah PAI, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universias Garut

Keywords:

bina pribadi islami, manajemen, totalitas beragama

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh SMPIT Al-Khoiriyyah Garut sebagai salah satu sekolah menengah pertama yang berbasis Sekolah Islam Terpadu (SIT) adalah kurangnya kualitas keagamaan siswa pada lingkup akidah, syariah dan akhlak, hal ini memberikan dampak terhadap sikap bertotalitas dalam agama siswa. Ini menjadi satu diantara latar belakang terkuat sekolah mengadakan program Bina Pribadi Islami sebagai bentuk upaya yang dilakukan. Program tersebut tentunya akan terimplementasi dengan optimal jika dilakukan dengan manajemen yang baik. Penelitian ini bertujuan menguraikan bagaimana manajemen program Bina Pribadi Islami dalam meningkatkan totalitas beragama siswa di SMPIT Al-Khoiriyyah Garut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan merupakan salah satu aspek penting dalam program Bina Pribadi Islami, seperti perencanaan tujuan program, penjadwalan program, pengelompokkan siswa, materi pembelajaran, metode, dana, alur pelaksanaan serta evaluasinya telah dilakukan. Pelaksanaan program Bina Pribadi Islami diawali pembukaan, dilanjutkan dengan tilawah, kultum, penyampaian materi dan penutup. Evaluasi dilakukan oleh murobbi atau pengelola Bina Pribadi Islami sebagai perbaikan program di kemudian hari. Hambatan yang ditemukan adalah kurangnya pengelolaan murobbi dari segi jadwal, manejemen pembelajaran, maupun penyampaian materi. Adapun solusinya yaitu pengadaan upgrading pembina untuk menambah semangat membina, sehingga bukan hanya sekadar memberikan materi, tetapi menyampaikan juga ruh belajar agar materi Bina Pribadi Islami dalam aspek akidah, ibadah dan akhlak ini dapat jauh lebih dirasakan langsung oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslim, M., & Makruf, I. (2021). Pengelolaan Program Bina Pribadi Islam di SMP IT Insan Cendekia Klaten. Center of Language and Cultural Studies, 190.

ibnukatsironline.com. (2015, April 24). Retrieved from tafsir-surat-al-baqarah-ayat-208-209: http://www.ibnukatsironline.com/2015/04/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-208-209.html

Ilaihi, W., & Munir, M. (2015). Manajemen Dakwah. Bidakara Hotel: Prenadamedia Group.

Khulfanudin, Syafi’i, I., & Ekowati, E. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Sebagai Upaya . Jurnal Manajemen Dan Pendidikan.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2020). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Lestari, Y. S., & Prasetyo, F. I. (2021). Buku Pembina Bina Pribadi Islami Tingkat Dasar. Jakarta: JSIT Indonesia Publishing.

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman.

Mesiono, & Aziz, M. (2020). Manajemen Dalam Persfektif Ayat-Ayat Alquran. Medan: Perdana Publishing.

Nasrullah, Y. M. (2018). Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Garut: Universitas Garut.

Nata, Abuddin. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Rahmawati, D. (2022). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bina Pribadi Islami Di Pembentukan Karakter Siswa Smp Tunas Harapan Ilahi Tangerang. Jurnal Pendidikan Islam, 53.

Saebani, B. A., & Akhdiyat, H. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Y., & Julaiha, S. (2021). Konsep Manajemen Pendidikan Umum. Borneo Journal of Islamic Education, 71-72.

Wardani, D. K. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Cirebon: Zenius Publisher.

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Citra Apriliani, Asep Tutun Usman, & Yufi Mohammad Nasrullah. (2024). Manajemen Program Bina Pribadi Islami Dalam Meningkatkan Totalitas Beragama Siswa. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1355–1366. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/166

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.