PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK VIVA PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Authors

  • Lamuhairah Putri Wijayanti Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Maftuhah Nurrahmi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Amidi Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian Lipstik Viva pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 100 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan cara Purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan ialah asosiatif, data yang digunakan merupakan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t dan Koefisien Determinasi. Hasil analisis Regresi Linier Berganda variabel Produk, Harga dan Promosi mempunyai koefisien regresi positif berarti bahwa Produk, Harga dan Promosi mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Hasil analisis uji F yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Viva terhadap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Hasil uji Hipotesis t secara parsial menunjukkan bahwa produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa 53,7% perubahan terhadap keputusan pembelian disebabkan oleh besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian, sedangkan sisanya 46,3% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. a. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Ambarwati, M. &. (2018). Pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen produk oriflame. jurnal ilmu dan riset manajemen (JIRM).

Anggriani.R.H. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Lipstick La Tulipe. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 302-309.

Asiati, D. I. (2019). Metedologi Penelitian Bisnis. Palembang: NoerFikri 0ffset.

Astuti, A. D. (2020). Fasilitas, Harga, Kualitas Pendidikan, dan Lokasi Sebagai Determinan Keputusan Siswa Memilih Jasa Pendidikan Di SMK Muhammadiyah Imogiri (Studi Kasus Pada Jurusan Tata Busana). Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 134-140.

Fauzi, F. D. (2019). Metodologi Penelitian Untuk Manajemen Dan Akuntansi . Salemba Empat.

Imawan, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk dan Pablo abon mix. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 312-320.

Isnaini, D. F. (Jakarta Selatan). Metode Penelitian Untuk Manajemen Dan Akuntansi. 2019: Salemba Empat.

Kothler, P. A. (2018). Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba.

Kotler, P. &. (2016). A Framework For Marketing Management , Sisth Edition. England: Pearson 2.

Kotler, P. &. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. d. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. d. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran, Edisi 6 Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Moderanisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Rodiyah, R. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian lipstik wardah colorfit last all day lip paint dengan studi kasus pada mahasiswa prodi manajemen fakultas ekonomi semester VI Universutas Ilsam Kadiri Kediri. Jurnal Mahasiswa, 87-96.

Sonata, I. &. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Membeli Kosmetik Lipstick Wardah (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Sematera Utara. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Mtode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar manajemen pemasaran konsep strategi dan kasus . Yogyakarta: CAPS (Center of academic publoishing service).

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran: Esensi & Aplikasi. Andi.

Tjiptono, F. (2019). strategi pemasaran . Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. d. (pemasaran ). 2020. Yogyakarta: CV Andi.

Trihastuti, A. E. (2020). manajemen pemasaran plus (konsep strategi dan kasus). yogyakarta: CV budi utama.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Lamuhairah Putri Wijayanti, Maftuhah Nurrahmi, & Amidi. (2024). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK VIVA PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1577–1586. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/186

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.