PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA DRILLING SERVICE INDONESIA RIG 39.9 PRABUMULIH

Authors

  • Rinaldi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Mardiana Puspasari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Randy Hidayat Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Kompetensi, Motivasi Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina Drilling Service Indonesia Rig 39.3 Prabumulih. Jenis penelitian yang digunakan ini yaitu menggunakan penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 63 responden dari total populasi 74 karyawan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif  dan kuantitatif, dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji F (simultan), uji t (parsial) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif  terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina Drilling Service Indonesia Rig 39.3 Prabumulih. Hasil uji hipotesis F menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina Drilling Service Indonesia Rig 39.3 Prabumulih. Hasil uji hipotesis t menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina Drilling Service Indonesia Rig 39.3 Prabumulih. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja mampu berkontribusi terhadap naik turunnya kinerja karyawan sebesar 60,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibba, Ainni Zahra. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pratama Putra Migas Jember. Jurnal Universitas Jember.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Depok Rajawali Pers.

Malayu S.P Hasibuan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, AA Anwar Prabu. 2018. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta: Bumi Aksara

Pratiwi, Rr Mega Ayu, and Widiartanto Widiartanto. (2017). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Wijaya Elnusa Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 6.3: 590-600.

Purwaningsih, Nining. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tunas Mandiri Migas. JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis 6.1.

Sedarmayanti. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi. Bandung: Refika Aditama

SM, Jamaluddin. (2021). Pengaruh Motivasi3663 Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Elnusa Petrofin Cabang Luwu. Jurnal Universitas Muhammadiyah Palopo.

Sutrisno Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Yanti, Febri. (2017). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina (Persero) Medan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Rinaldi, Mardiana Puspasari, & Randy Hidayat. (2024). PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA DRILLING SERVICE INDONESIA RIG 39.9 PRABUMULIH. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1632–1644. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/190

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.