URGENSI ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN ANAK DAN SISTEM PENCATATAN KELAHIRAN (LITERATURE RIVIEW DARI BUKU KARYA : DR.HAZNAH AZIZ S.H.,M.H)

Authors

  • Aulya Devi Indang Meuthia Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

Keywords:

Aspek Hukum, Perlindungan Anak, Pencatatan Kelahiran

Abstract

Bab I membahas tentang Urgensi Aspek Hukum Perlindungan Anak dan Sistem Pencatatan Kelahiran. Pada bab ini dijelaskan bahwa negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialami oleh Penduduk Indonesia yang berada di dalam dan/atau di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu dijelaskan bahwa setiap penduduk berhak atas dokumen kependudukan yang dihasilkan dari pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Pada bab ini juga dijelaskan tentang pengertian akta kelahiran, fungsi akta kelahiran, kekuatan pembuktian akta, serta pentingnya akta kelahiran bagi perlindungan hukum seseorang. Bab ini menjelaskan bahwa negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap keberadaan setiap penduduknya melalui pencatatan peristiwa penting seperti kelahiran yang dituangkan dalam akta kelahiran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anyar, H. A. (2018). Implementasi Pengesahan dan Pencatatan Anak Berdasarkan Undang-undang No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Aziz, H. (2018). Perlindungan hukum bagi anak dalam memperoleh akta kelahiran berdasarkan prinsip-prinsip perlindungan anak. Lex Jurnalica, 15(1), 56.

Laksmana, D. F. S., & Irawan, A. D. (2021). Perlindungan Hak Anak Jalanan Sebagai Korban Penelantaran. Binamulia Hukum, 10(2), 107-115.

Lain, S. M. T. P., & Hidayatullah, S. Perlindungan Anak Hasil Perkawinan Siri.

Sartika, D. D., & Isyanawulan, G. (2023). Sosialisasi Konvensi Hak Anak (KHA) untuk Mencegah Tindak Kekerasan Kepada Anak di Desa Talang Ipuh, Kabupaten Banyuasin. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 22-27.

Suparmin, S., Aziz, H., & Zulfikar, P. (2023). Tinjauan Yuridis Sanksi Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Yang Dilakukan Oleh Anak (Studi Kasus Putusan Nomor 23/Pid. Sus. Anak/2022/PN). Jurnal Pemandhu, 4(2), 198-211.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Aulya Devi Indang Meuthia. (2024). URGENSI ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN ANAK DAN SISTEM PENCATATAN KELAHIRAN (LITERATURE RIVIEW DARI BUKU KARYA : DR.HAZNAH AZIZ S.H.,M.H). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 149–153. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/20

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.