INFANTISID: TINJAUAN FORENSIK DAN ASPEK KEDOKTERAN FORENSIK

Authors

  • Rifky Syaputra Fakultas Hukum Universitas Bung Karno
  • Muhammad Yusuf Fauzi Fakultas Hukum Universitas Bung Karno
  • Hudi Yusuf Fakultas Hukum Universitas Bung Karno

Keywords:

Infantisid, kekerasan Anak

Abstract

Infantisid, tindakan tragis yang melibatkan pembunuhan bayi oleh orang tua atau penjaga yang bertanggung jawab, memunculkan tantangan kompleks dalam bidang kedokteran forensik. Artikel ini menyajikan tinjauan tentang kasus infantisid dari perspektif forensik dan aspek kedokteran forensik yang terkait. Dalam penelitian ini, saya mengeksplorasi identifikasi cedera, evaluasi bukti forensik, dan faktor risiko yang mempengaruhi kasus infantisid. Selain itu, saya membahas pendekatan forensik yang digunakan dalam investigasi infantisid serta implikasinya dalam praktik forensik.Pemahaman yang mendalam tentang kasus infantisid dapat meningkatkan kemampuan penegakan hukum dan upaya pencegahan dalam  kekerasan pada anak dan untuk melindungi bayi dari kekerasan dan kehilangan yang tidak perlu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALfalndi D, Swalsti D, dkk. Pembunuhaln ALnalk Sendiri (PALS) dengaln Kekeralsaln Multipel. Maljallalh Kedokteraln Indonesial 2008;5(9).

Balgialn Kedokteraln Forensik FKUI. Ilmu Kedokteraln Forensik. Jalkalrtal:Balgialn Kedokteraln Forensik FKUI. 1997.

Desi E, Shofialh V. Hubungaln Tindalkaln Kekeralsaln Terhaldalp ALnalk (Child ALbuse) dengaln Konsep Diri. Jurnall Psikologi 2007; 3(2):16.

Peralturaln Perundalng-Undalngaln Bidalng Kedokteraln. Cetalkkaln Kedual. Balgialn Kedokteraln Forensik Falkultals Kedokteraln Universitals Indonesial. 1994.

Putrikal P.R. Ghalrini, 2004. Kekeralsaln aldal ALnalk: Efek Psikis, Fisik, daln Tinjalualn ALgalmal. Malkallalh ini disalmpalikaln paldal Seminalr Online Khalrismal ke-3, 13-19. September 2004.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Rifky Syaputra, Muhammad Yusuf Fauzi, & Hudi Yusuf. (2024). INFANTISID: TINJAUAN FORENSIK DAN ASPEK KEDOKTERAN FORENSIK. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2336–2346. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/258

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.