PERAN DOKTER FORENSIK ATAS KASUS FORENSIK DI INDONESIA : PENGANTAR DAN PRINSIP PEMERIKSAAN FORENSIC

Authors

  • Rafles Rionaldo Dioniki Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno
  • Yoseph Ratu Mbasa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno
  • Hudi Yusuf Fakultas Hukum Universitas Bung Karno

Keywords:

forensic, ilmu kedokteran, metode scientific

Abstract

Penyelesaian kasus forensic di Indonesia tak lepas dari peran dokter forensic sebagai orang yang ahli dalam membuat sebuah kesimpulan terkait kasus forensic yang terjadi. Hamper setiap hari Koran maupun televise memberitakan kasus-kasus kriminalitas yang menimpa masyarakat. Bentuknya beragam, perampokan, perampasan, penyambretan, pembunuhan, pemerkosaan, pencopetan, hinga penganiyayaan penyelesaian kasus-kasus hukum secara konvesional sudah di tingalkan, pengambilan keputusan berdasarkan bukan tanpa sebuah bukti dan proses yang jelas terkait tentang perkara kejadian sudah tidak bisa di lakukan. Dilihat dari perkembangan jaman orientasi sekarang dan penyelesaian kasus-kasus hukum harus mengunakan metode scientific. Sehinga peran dari ilmu kedokteran forensic sangat membantu dalam membuat sebuah kesimpulan perkara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Idries AM. Pedoman ilmu kedokteran forensik. Jakarta:Binarupa Aksara.2008.

Nezfoli FN, Dehghantanha A, Mahmoud R, et al.Digital forensic Trend and Future.International Journal of Cyber-Security and Digital Forensic, 2013;2(2):48-76.

Tjin A Tsoi. Trends, Challenges and Strategy in the Forensic Science sector. Netherlands: Netherlands Forensic Institute, 2013.

Apuranto H, Hoediyanto. Buku Ajar Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal.

Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlanga. 2007.

Solahudin. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Jakarta: Visimedia. 2007.

Waluyadi. Ilmu Kedokteran Kehakiman dalam Perspektif Peradilan Dan Aspek Hukum Praktik Kedokteran. Jakarta: PT. Penerbit Djambatan. 2005.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Rafles Rionaldo Dioniki, Yoseph Ratu Mbasa, & Hudi Yusuf. (2024). PERAN DOKTER FORENSIK ATAS KASUS FORENSIK DI INDONESIA : PENGANTAR DAN PRINSIP PEMERIKSAAN FORENSIC. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2815–2823. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/304

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.