PERANAN HUKUM DAGANG UNTUK MEMBENTUK KERANGKA BISNIS BAGI MASYARAKAT

Authors

  • Veronica Sarah Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno
  • Hudi Yusuf Fakultas Hukum Universitas Bung Karno

Keywords:

Hukum dagang, bisnis masyarakat, hukum bisnis

Abstract

Di era globalisasi yang dinamis, globalisasi telah mendefinisikan ulang struktur perdagangan dan keuangan internasional. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, hukum dagang telah menjadi elemen penting dalam konteks bisnis dan komersial, dalam hukum perdata. Namun, undang-undang perdagangan di Indonesia saat ini tampaknya tidak sejalan dengan dinamika perdagangan global saat ini dan perlu diperbarui agar sesuai dengan abad ke-21. Studi ini mengkaji relevansi hukum perdagangan di Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan berbagai pendekatan dokumen, hukum dan kamus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hukum komersial berperan penting dalam mengatur perdagangan lintas batas, melindungi hak produsen dan konsumen, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membangun struktur perdagangan yang efisien dan jujur. Studi ini merekomendasikan reformasi hukum komersial secara komprehensif untuk memastikan relevansinya dengan tantangan globalisasi dan perkembangan ekonomi kontemporer

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R. (2021). Pentingnya legalitas usaha bagi usaha mikro kecil dan menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77-83.

Aprita, S., & Adhitya, R. (2020). Hukum Perdagangan Internasional. Depok: Rajawali Pers.

BieNa Art, B. A. (2015). Hukum Dagang.

Hernoko, A. Y., & SH, M. (2019). Hukum Perjanjian. Prenada Media.

Laurensius Arliman S. (2017). Perlindungan Hukum UMKM Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. *Jurnal RechtsVinding*, 6(3).

Nasution, B. (2009). Hukum Kegiatan Ekonomi I. Books Terrace & Library.

Rasyidi, M. A. (2018). Fungsi Hukum di Dalam Masyarakat dan Peranan Hukum Bisnis di Indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 9(1).

Robbani, H., & El Adawiyah, S. (2023). Brand Strategy Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7).

Supancana, I. B. R. (2013). Perkembangan hukum kontrak dagang internasional. Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Suwignyo, T. (1996). Hukum Dagang (Aspek Hukum dalam Dunia Bisnis). [Course Material]. Unika Atma Jaya, Jakarta.

Tobing, R. D. (2015). Aspek-aspek hukum bisnis: pengertian, asas, teori dan praktik.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Veronica Sarah, & Hudi Yusuf. (2024). PERANAN HUKUM DAGANG UNTUK MEMBENTUK KERANGKA BISNIS BAGI MASYARAKAT. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2910–2916. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/313

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.