Kritik Terhadap Konstruksi Bahasa dalam Analisis Wacana Media Cyber: Studi Kasus Korupsi 271 Triliun pada Kompas.com, Liputan6.com, dan Suara.com

Authors

  • Altina Sianturi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Astuti Simanullang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Iren Ginting Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Wisman Hadi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis Wacana Kritis, Cuplikan Berita, Teun A. Van Dijk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana yang terdapat pada cuplikan berita dalam media cyber menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini adalah cuplikan berita pada media cyber. Penelitian analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang mengkaji tentang analisis wacana konstruksi bahasa yang dapat dianalisis dalam 3 bagian utama yaitu analisis struktur makro, analisis super struktur, dan analisis struktur mikro. Dalam pendekatan Van Dijk, dimensi teks dapat dibuat dengan mempertimbangkan elemen-elemen yaitu struktur teks, pemilihan kata dan gaya bahasa, konteks sosial, strategi retorika dan makna implisit. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang analisis wacana teks tersebut memengaruhi pemahaman dan interpretasi pembacanya dalam konteks sosial yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Syakur, S. (2021). Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Media Online: Teks Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat Tentang Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semantiks), 591-601. Retrieved From Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Prosidingsemantiks

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: L.Kis.

Hari Bakti Mardikantoro, M. B. (2019). Wacana Berita Korupsi Di Surat Kabar: Kajian Analisis Wacana Kritis Van Dijk Dalam Dimensi Praktik Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 638-644.

Humaira, H. W. (2018, April). Analisis Wacana Kritis (Awk) Model Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Jurnal Literasi, Ii, 32-40.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pi Remaja Rosdakarya.

Nisa, K. (N.D.). Analisis Wacana Kritis (Teori Van Dijk Dalam Kajian Teks Media Massa Pada E-Paper Analisa Medan Rubrik Surat Pembaca). Dialog, Vi, 557-564.

Rahayu Novita, Y. H. (2023, Juni). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Dalam

Unggahan Instagram Bintang Emon. Journal Of Educational And Language (Joel), Ii, 1189-1196.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Van Dijk, Teun A. 1988. News As Discourse. New Jersey: Lawrence Erlbaumassociates.

Wati, Beti Winanjar. 2014. Analisis Wacana Kritis Berita Sosial Dan Politik Surat Kabar Kedaulatan Rakyat. (Skripsi). Yogyakarta (Id): Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanuarita, Intan Dan Wiranto. 2018. Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal. Jakarata: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Altina Sianturi, Astuti Simanullang, Iren Ginting, & Wisman Hadi. (2024). Kritik Terhadap Konstruksi Bahasa dalam Analisis Wacana Media Cyber: Studi Kasus Korupsi 271 Triliun pada Kompas.com, Liputan6.com, dan Suara.com. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3069–3082. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/338

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.